Page 561 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 561

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
                                     Social and Environment Responsibility


                                                                                                        Kinerja Sosial
                                                                                              Performance on Social Aspects


            1.  Adanya Tindak Lanjut  Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan   1.  Follow-ups on OFI Action Plan for 2022 Customer Satisfaction.
               Tahun 2022.
            2.  Komitmen bersama Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan Tahun   2.  Joint commitment on OFI Action Plan for 2022 Customer
               2022 dari semua pihak, baik PLN Indonesia Power maupun   Satisfaction from all parties, both PLN Indonesia Power and its
               stakeholder.                                       stakeholders.
            3.  Adanya saran dan diskusi bersama untuk perbaikan kedepan.  3.  Suggestions and discussions for future improvements.
            4.  Meningkatkan sinergi dengan Pelanggan PLN Indonesia Power.  4.  Improved synergy with Customers.
            5.  Mempererat hubungan dan komunikasi dengan Pelanggan PLN   5.  Strengthened communication and relationship with Customers.
               Indonesia Power.
            6.  Mengetahui Nilai Kepuasan, Ketidakpuasan, dan Keterikatan   6.  Customer Satisfaction, Dissatisfaction, and Engagement scores
               Pelanggan selama periode 2022.                     for 2022.
            7.  Mendapat masukan (feedback) untuk perbaikan tahun 2023.  7.  Feedback for improvement in 2023.
            8.  Setiap Unit PLN Indonesia Power mengetahui tingkat Kepuasan   8.  Each PLN Indonesia Power Unit identifies the level of Customer
               Pelanggan tahun 2022, dan dapat dibandingkan dengan tahun   Satisfaction in 2022, which can be compared to that of the
               sebelumnya.                                        previous year.
            9.  Memecahkan masalah terkait keluhan pelanggan yang masuk.  9.  Problem solving for incoming customer complaints.
            10.  Mendapat solusi dan kesepakatan bersama untuk perbaikan   10.  Solutions and mutual agreement for future improvements to
               kedepan dalam hal hubungan pelanggan.              customer relations


            Mekanisme Penyampaian dan Penanganan Pengaduan Pelanggan
            Mechanism for Filing and Handling Customer Complaints

            Sebagai upaya perlindungan pelanggan dan peberian layanan yang   To protect customers and provide optimum service, PLN Indonesia
            optimal, PLN Indonesia Power menyiapkan perangkat penunjang   Power sets up a mechanism for filing and handling complaints as a
            pelaksanaan tanggung jawab Perusahaan dengan menyediakan   means of corporate responsibility implementation.
            mekanisme penanganan pengaduan pelanggan.


                                           Mekanisme Penanganan Pengaduan Pelanggan
                                            Mechanism for Handling Customer Complaints

                                       Mengelompokkan        Identifikasi akar   Menindaklanjuti komplain jika terkait aspek
                Perusahaan menerima    jenis komplain dari   masalah penyebab   komersial dan meneruskan komplain ke pihak
               komplain dari pelanggan    pelanggan            komplain             terkait jika diluar aspek komersial
                Perusahaan menerima     Mengelompokkan       Identifikasi akar   Menindaklanjuti komplain jika terkait aspek
                komplain dari pelanggan  jenis komplain dari   masalah penyebab   komersial dan meneruskan komplain ke pihak
                                          pelanggan            komplain              terkait jika diluar aspek komersial


                                                               Apabila komplain telah terselesaikan,
                  Review terhadap       Membuat laporan dan       Perusahaan akan memberikan    Melakukan evaluasi
                komplain dan tindak        rekomendasi            informasi kepada pelanggan   penyelesaian kompalin
                    lanjutnya            Membuat laporan dan    Apabila komplain telah terselesaikan,   Melakukan evaluasi
               Review terhadap komplain     rekomendasi        Perusahaan akan memberikan informasi   penyelesaian kompalin
                 dan tindak lanjutnya
                                                                      kepada pelanggan

            Selama tahun 2022, tidak terdapat pengaduan pelanggan baik dari   Throughout 2022, no complaints were filed, either related to health
            aspek kesehatan dan keselamatan terkait dengan pendistribusian   and safety of electricity distribution to customers, customer privacy,
            listrik  kepada  pelanggan  dan  pengaduan  mengenai  privasi   or non-compliance with the regulations on provision of product
            pelanggan maupun aspek ketidakpatuhan terhadap peraturan   information and marketing communication.
            terkait dengan penyediaan informasi produk dan komunikasi
            pemasaran.









                                                                                             2022 Annual Report
             www.plnindonesiapower.co.id                                                                      561
                                                                                             PT PLN Indonesia Power
   556   557   558   559   560   561   562   563   564   565   566