Page 560 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 560
Powering Sustainable
and Prosperous Future
Kinerja Sosial
Performance on Social Aspects
Pengembangan dan Inovasi Produk Berkelanjutan
Development and Innovation of Sustainable Products
Pengembangan dan inovasi produk berkelanjutan serta Below are development and innovation of sustainable products and
pengembangan pelayanan pelanggan yang dilakukan PLN Indonesia improvement of customer service by PLN Indonesia Power in 2022:
Power pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:
1. Menambahkan media komunikasi pelanggan dengan aplikasi 1. Addition of messenger application as a private communication
messenger sebagai media komunikasi privat dengan Pelanggan medium with customers as well as a means to inform reports on
serta sarana untuk menginformasikan laporan-laporan terkait the performance of the Company's power plant units on a regular
kinerja unit pembangkit listrik perusahaan secara rutin. basis.
2. Menambahkan media Komunikasi berupa JWOT sebagai sarana 2. Addition of JWOT communication medium as a means of
komunikasi dengan pelanggan yang dapat merekam suara communication with customers. This service features voice
pembicaraan yang terjadi saat itu. recording of ongoing conversations.
3. Menambahkan aplikasi niaga sebagai sarana untuk monitoring 3. Addition of a web-based commercial application for real-time
kinerja pembangkit Perusahaan secara realtime yang dapat di monitoring of the Company’s power plants.
akses oleh pelanggan berbasis web bases.
4. Membuat aplikasi pengelolaan pelanggan yang menyimpan 4. Development of customer management application containing
database pelanggan PLN Indonesia Power. database of PLN Indonesia Power's customers.
Kesehatan dan Keselamatan Pelanggan
Customer Health and Safety
PLN Indonesia Power dalam memproduksi energi listrik juga In generating electricity, the Company takes into account customer
memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan pelanggan. safety and health. PLN Indonesia Power strives to serve the best
PLN Indonesia Power berupaya memberikan pelayanan yang service by ensuring the compliance with standard operational
terbaik dengan memastikan segala sesuatunya sesuai dengan procedures and terms on customer safety and health. PLN Indonesia
prosedur operasional standar dan ketentuan terkait keselamatan Power currently holds ISO 9001:2015 whose main aspects among
dan kesehatan pelanggan. PLN Indonesia Power telah memiliki others include Customer Focus as a fulfillment of the Company’s
Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang commitment to customers. In addition, due diligence, review, and
salah satu aspek utamanya terkait Customer Focus sebagai identification of Corporate activities have all become part of the
bentuk komitmen Perusahaan terhadap pelanggan. Selain itu, Company’s social responsibility to customers in order to meet the
juga dilakukan uji kelayakan, review dan identifikasi kegiatan implementation standards that constitute a part of the program
Perusahaan menjadi bagian dari tanggung jawab sosial pelanggan formulation.
guna memenuhi standar baku penerapan yang merupakan bagian
dalam perumusan program.
Manfaat Kegiatan Tanggung Jawab Perusahaan Bidang Pelanggan Bagi Perusahaan,
Stakeholders serta Upaya Mendukung Pengembangan Berkelanjutan
Corporate Responsibility Related to Customers and the Benefits for Company, Stakeholders, and Support
for Sustainable Development
PLN Indonesia Power berupaya memberikan dampak positif baik PLN Indonesia Power strives to present direct and indirect
langsung maupun tidak langsung bagi pembangunan berkelanjutan positive impacts on sustainable development through responsible
melalui produksi yang bertanggung jawab serta upaya dalam production and efforts to ensure access to affordable, reliable, and
memastikan akses energi yang terjangkau, bisa diandalkan dan sustainable energy. Moreover, in the long run, CSR implementation
berkelanjutan. Selain itu dalam jangka panjang, pelaksanaan is expected to be able to maintain corporate sustainability and
tanggung jawab sosial Perusahaan diharapkan dapat menjaga specifically support the Customer-Focused policy of the Company.
keberlanjutan Perusahaan serta secara khusus mendukung kebijakan The benefits of corporate responsibility activities on customer
Fokus Pelanggan PLN (Persero). Manfaat kegiatan tanggung jawab aspect include:
perusahaan aspek pelanggan diantaranya sebagai berikut:
560 Laporan Tahunan 2022 www.plnindonesiapower.co.id
PT PLN Indonesia Power