Page 560 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 560

Powering Sustainable
          and Prosperous Future


          Kinerja Sosial
          Performance on Social Aspects


          Pengembangan dan Inovasi Produk Berkelanjutan
          Development and Innovation of Sustainable Products

          Pengembangan  dan  inovasi  produk  berkelanjutan  serta  Below are development and innovation of sustainable products and
          pengembangan pelayanan pelanggan yang dilakukan PLN Indonesia   improvement of customer service by PLN Indonesia Power in 2022:
          Power pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:
          1.  Menambahkan media komunikasi pelanggan dengan aplikasi   1.  Addition of messenger application as a private communication
            messenger sebagai media komunikasi privat dengan Pelanggan   medium with customers as well as a means to inform reports on
            serta sarana untuk menginformasikan laporan-laporan terkait   the performance of the Company's power plant units on a regular
            kinerja unit pembangkit listrik perusahaan secara rutin.  basis.
          2.  Menambahkan media Komunikasi berupa JWOT sebagai sarana   2.  Addition of JWOT communication medium as a means of
            komunikasi dengan pelanggan yang dapat merekam suara   communication with customers. This service features voice
            pembicaraan yang terjadi saat itu.                 recording of ongoing conversations.
          3.  Menambahkan aplikasi niaga sebagai sarana untuk monitoring   3.  Addition of a web-based commercial application for real-time
            kinerja pembangkit Perusahaan secara realtime yang dapat di   monitoring of the Company’s power plants.
            akses oleh pelanggan berbasis web bases.
          4.  Membuat aplikasi pengelolaan pelanggan yang menyimpan   4.  Development of customer management application containing
            database pelanggan PLN Indonesia Power.            database of PLN Indonesia Power's customers.


          Kesehatan dan Keselamatan Pelanggan
          Customer Health and Safety

          PLN Indonesia Power dalam memproduksi energi listrik juga   In generating electricity, the Company takes into account customer
          memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan pelanggan.   safety and health. PLN Indonesia Power strives to serve the best
          PLN Indonesia Power berupaya memberikan pelayanan yang   service by ensuring the compliance with standard operational
          terbaik dengan memastikan segala sesuatunya sesuai dengan   procedures and terms on customer safety and health. PLN Indonesia
          prosedur operasional standar dan ketentuan terkait keselamatan   Power currently holds ISO 9001:2015 whose main aspects among
          dan kesehatan pelanggan. PLN Indonesia Power telah memiliki   others include Customer Focus as a fulfillment of the Company’s
          Sertifikasi  Sistem  Manajemen  Mutu  ISO  9001:2015  yang   commitment to customers. In addition, due diligence, review, and
          salah satu  aspek  utamanya terkait  Customer Focus sebagai   identification of Corporate activities have all become part of the
          bentuk komitmen Perusahaan terhadap pelanggan. Selain itu,   Company’s social responsibility to customers in order to meet the
          juga dilakukan uji kelayakan,  review dan identifikasi kegiatan   implementation standards that constitute a part of the program
          Perusahaan menjadi bagian dari tanggung jawab sosial pelanggan   formulation.
          guna memenuhi standar baku penerapan yang merupakan bagian
          dalam perumusan program.


          Manfaat Kegiatan Tanggung Jawab Perusahaan Bidang Pelanggan Bagi Perusahaan,
          Stakeholders serta Upaya Mendukung Pengembangan Berkelanjutan
          Corporate Responsibility Related to Customers and the Benefits for Company, Stakeholders, and Support
          for Sustainable Development

          PLN Indonesia Power berupaya memberikan dampak positif baik   PLN  Indonesia  Power  strives  to  present  direct  and  indirect
          langsung maupun tidak langsung bagi pembangunan berkelanjutan   positive impacts on sustainable development through responsible
          melalui produksi yang bertanggung jawab serta upaya dalam   production and efforts to ensure access to affordable, reliable, and
          memastikan akses energi yang terjangkau, bisa diandalkan dan   sustainable energy. Moreover, in the long run, CSR implementation
          berkelanjutan. Selain itu dalam jangka panjang, pelaksanaan   is  expected  to  be  able  to  maintain  corporate  sustainability  and
          tanggung jawab sosial Perusahaan diharapkan dapat menjaga   specifically support the Customer-Focused policy of the Company.
          keberlanjutan Perusahaan serta secara khusus mendukung kebijakan   The benefits of corporate responsibility activities on customer
          Fokus Pelanggan PLN (Persero). Manfaat kegiatan tanggung jawab   aspect include:
          perusahaan aspek pelanggan diantaranya sebagai berikut:








       560      Laporan Tahunan 2022                                                         www.plnindonesiapower.co.id
                PT PLN Indonesia Power
   555   556   557   558   559   560   561   562   563   564   565