Page 566 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 566
Powering Sustainable
and Prosperous Future
Kinerja Sosial
Performance on Social Aspects
Pemenuhan Atas Upah Minimum Regional
Compliance with the Regulation on Regional Minimum Wage
Pegawai merupakan mitra strategis sebagai roda penggerak Employees are a strategic partner that drives the Company forward.
Perusahaan yang kebutuhannya harus terpenuhi dalam menopang Their needs must be fulfilled so that the Company may perform.
pertumbuhan kinerja Perusahaan. PLN Indonesia Power PLN Indonesia Power provides remuneration, i.e., compensation and
memberikan Remunerasi berupa kompensasi dan manfaat pegawai benefit, according to the policy on remuneration system as specified
sesuai dengan kebijakan terkait sistem remunerasi yang tercantum in 2022-2023 CLA, chapter VI, article 55 on Basis of Reward. The
di dalam PKB tahun 2022-2023 Bab VI Pasal 55 tentang Dasar Company also cares for employee wellbeing by providing salaries
Penghargaan. PLN Indonesia Power juga berkomitmen terhadap above the regional minimum wage. On average, the salary ratio
kesejahteraan pegawai dengan memberikan gaji diatas upah of new employees is 2.29 at the highest and 1.20 at the lowest if
minimum regional. Rata-rata rasio gaji pegawai baru dibandingkan compared to the regional minimum wage.
upah minimum regional wilayah operasional Perusahaan sebesar
2,29 dengan rasio terkecil sebesar 1,20.
Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Ketenagakerjaan
Corporate Social Responsibility Activities Related to Employment
Inisiatif keberlanjutan PLN Indonesia Power terkait aspek The sustainability initiative on employment is a commitment
ketenagakerjaan merupakan komitmen Perusahaan untuk of the Company to providing equal opportunity without any
kesempatan yang sama tanpa diskriminasi, dukungan atas partisipasi discrimination, support for women participation, special social
kerja kaum perempuan; pemenuhan hak pegawai atas fasilitas facilities, zero accident, disaster preparedness in all units, and
sosial khusus; merwujudkan zero accident, membangun kesiagaan clean work units (plants and non-plants) to minimize work hazards
tanggap bencana di seluruh unit pembangkit, menciptakan unit kerja potential and comply with the law and regulations.
(pembangkit dan non-pembangkit) yang bersih guna mengurangi
potensi kecelakaan kerja serta patuh terhadap hukum dan regulasi.
Pengembangan Kompetensi Pegawai
Employee Competency Building
Kompetensi pegawai sangat penting dalam menunjang kegiatan Employee competence is a key in supporting the Company’s
operasional Perusahaan. Oleh karen itu, PLN Indonesia Power operation. Therefore, PLN Indonesia Power holds various education,
melaksanakan berbagai program pendidikan, pelatihan, sertifikasi training, and certification programs as well as other development
maupun bentuk pengembangan lain yang disesuaikan dengan programs adapted to the Company's needs to improve human
kebutuhan Perusahaan, sebagai upaya meningkatkan kualitas serta capital quality and productivity.
produktivitas sumber daya manusia.
Program pengembangan bagi pegawai PLN Indonesia Power dikelola These programs are managed by IP Academy. In 2022, they
IP Academy. Kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2022 comprised as follows:
terkait pengembangan kompetensi pegawai adalah sebagai berikut:
1. Program Pembelajaran Prajabatan 1. Pre-Service Learning Program
Program Pembelajaran Prajabatan merupakan kegiatan proses This is a selection process to evaluate the character compatibility
seleksi untuk mengevaluasi kesesuaian karakter dan Kompetensi and competency of the participants with the job competency
Peserta dengan KKJ, serta untuk memberikan pengenalan dan requirements (JCR), also to introduce and elaborate the
pemahaman kepada peserta mengenai bisnis inti Perusahaan dan Company's core business and electricity standard competency.
Kompetensi standar kelistrikan.
Program Pembelajaran Prajabatan dapat terdiri atas : This program may consist of:
a. Pembinaan Sikap Mental Disiplin; a. Discipline coaching;
b. Orientasi Perusahaan; b. Company Orientation;
c. Pembidangan; c. Job Classification;
d. On the Job Training (OJT). d. On-the-Job Training (OJT).
566 Laporan Tahunan 2022 www.plnindonesiapower.co.id
PT PLN Indonesia Power