Page 571 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 571
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Social and Environment Responsibility
Kinerja Sosial
Performance on Social Aspects
Rencana Kegiatan Realisasi Kegiatan Dampak Kegiatan
No.
Activity Plan Activity Realization Activity Impact
7 Transformasi Budaya K3 Program untuk membangun pemahaman Adanya perubahan seperti penyeragaman
OHS Culture Trans-formation tentang budaya K3 serta merealisasikannya persepsi top risk dan komitmen pimpinan,
dalam aktifitas sehari hari di lingkungan kerja. penguatan peran pimpinan, adanya tata
A program to foster OHS culture and its kelola K3, adanya ekspektasi standar
realization at the workplace on a daily basis. terhadap pelaksanaan high - risk activities,
penguatan peran safety professional, adanya
pendekatan pengendalian risiko untuk
top risk, serta penguatan peran supervisor
dalam membentuk budaya safety sudah
terlaksana 100%.
Changes such as perceptual unification of
top risks and leader’s commitment, leader’s
role reinforcement, OHS governance,
standard expectation of the high-risk
activities’ implementation, increase of
safety professional function, risk control
approach for top risks, and supervisor’s role
reinforcement in fostering safety culture
were fully implemented.
PLN Indonesia Power juga melaksanakan kegiatan pendukung PLN Indonesia Power carried out the following supporting activities
dalam rangka peningkatan keselamatan kerja sepanjang tahun to improve occupational safety throughout 2022:
2022, sebagai berikut:
Program Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Occupational Health and Safety Improvement Program
Program Peningkatan Kesehatan Kerja Program Peningkatan Keselamatan Kerja
Occupational Health Improvement Program Occupational Safety Improvement Program
• Medical check up secara berkala; • Safety Briefing;
• Melakukan health risk assessment di masing-masing area kerja sesuai • Safety Patrol;
potensi bahayanya terhadap kesehatan; • Management Walktrough / Gemba Walk
• Memastikan ketersediaan dan penggunaan alat pelindung diri yang • Review Prosedur dan Instruksi Kerja
benar dan standar • Sosialisasi, Pelatihan dan Sertifikasi K3
• Pengaturan WFO dan WFH selama pandemi covid baik di HO dan • Inspeksi Rutin Peralatan
unit • Penyediaan dan Pemeliharaan Perlengkapan Fire Fighting dan Alat
• Sertifikasi hygiene kantin Pelindung Diri (APD)
• Adanya himbauan kepada seluruh unit dalam penempatan pegawai • Simulasi Tanggap Darurat
mempertimbangkan faktor fisik dan mental pegawai yang dinyatakan • Hazard Identification, Risk Asessment, and Dertermine Control
sehat dalam bekerja berdasarkan riwayat kesehatan pegawai (HIRADC)
• Memberikan extra fooding • Awareness dan Kampanye Budaya K3 dan Sadar Safety kepada
• Memberikan sosialisasi/penyuluhan kesehatan kerja, khususnya Seluruh Pegawai
terkait covid-19 • Audit SMK3
• Kunjungan dokter Perusahaan ke pegawai • Pengembangan Maximo HSE
• Pengukuran lingkungan kerja secara berkala • Implementasi Contractor Safety Management System (CSMS)
• Program olahraga • Implementasi Industrial Cleaning
• Menyediakan fitness center • Transformasi Budaya K3
• Sertifikasi P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) • Upgrade Infrastruktur K3
• Menyediakan kotak dan isi P3K sesuai dengan peraturan perundang- • Assessment kebersihan dan kesiapan Fire Fighting System
undangan yang berlaku. • Pelaporan unsafe action, unsafe condition dan nearmiss melalui
Aplikasi Nearmiss yang dapat diakses oleh seluruh pegawai.
2022 Annual Report
www.plnindonesiapower.co.id 571
PT PLN Indonesia Power