Page 554 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 554
Powering Sustainable
and Prosperous Future
Kinerja Sosial
Performance on Social Aspects
d. Grati PGU dengan PLN UIP2B dan PLN UP2B Jawa Timur d. Grati PGU and PLN UIP2B and PLN UP2B East Java on June
tanggal 22 Juni 2022; 22, 2022;
e. Semarang PGU dengan PLN UP2B Jawa Tengah & DIY e. Semarang PGU and PLN UP2B Central Java & Yogyakarta on
tanggal 19 Juli 2022. July 19, 2022;
2. Focus Group Disscussion (FGD) antara Saguling POMU bersama 2. Focus Group Discussion (FGD) between Saguling POMU and
dengan Pelanggan dari PLN UP2B Jawa Barat dilaksanakan customers from PLN UP2B West Java on June 23, 2022.
tanggal 23 Juni 2022.
3. Customer Gathering, yang diselenggarakan oleh beberapa Unit, 3. Customer Gathering, held by several Units, among others:
diantaranya :
a. Bali PGU bersama dengan PLN UIP2B Bali dan UID Bali yang a. Bali PGU with PLN UIP2B Bali and UID Bali organized in 2
dilaksanakan dalam 2 batch yaitu tanggal 6 dan 13 Agustus batches, i.e., on August 6 and 13, 2022, under the theme
2013 dengan tema "PLN Bali Satu". "PLN Bali Satu” (One PLN Bali).
b. Mrica PGU, Semarang PGU, Adipala PGU dan Head Office b. Mrica PGU, Semarang PGU, Adipala PGU and Head Office
bersama dengan Pelanggan PLN UIP2B JMB dan UP2B Jawa with the Customers of PLN UIP2B Java, Madura, Bali and
Tengah & DIY yang dilaksanakan tanggal 20 Agustus 2022 UP2B Central Java & Yogyakarta held on August 20, 2022
dengan tema "Pitpitan Sinergi ing Yogyakarta". under the theme "Pitpitan Sinergi ing Yogyakarta” (Cycling
c. Adipala PGU dan Head Office bersama dengan Pelanggan with Synergy in Yogyakarta).
PLN UIP2B JMB yang dilaksanakan tanggal 27-28 Agustus c. Adipala OMU and Head Office, together with PLN UIP2B
2022 dengan tema "Forum Komunikasi Pelanggan PLN- JMB's Customers, held on 27-28 August 2022, with the
PLTU Adipala PGU" theme "PLN-SPP Adipala OMU Customer Communication
Forum.
d. PLTU Pangkalan Susu PGU dan Head Office bersama dengan d. SPP Pangkalan Susu OMU and Head Office, together with
Pelanggan PLN UIP3B Sumatera yang dilaksanakan tanggal PLN UIP3B Sumatra’s Customers, held on 5 November 2022
5 November 2022 dengan tema "Forum Komunikasi, Diskusi with the theme "Forum of Communication, Discussion, and
dan Koordinasi Pembangkit PLTU Pangkalan Susu". Coordination.
Pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2022
Implementation of 2022 Customer Satisfaction Survey
Pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan tahun 2022 telah dilakukan The Customer Satisfaction Survey for 2022 had been conducted
pada tanggal 8 Agustus - 12 Oktober 2022 kepada seluruh pelanggan by an independent party on August 8-October 12, 2022 to all
PLN Indonesia Power yang dilakukan oleh pihak Independen. Survei customers. The survey was completed using 2 (two) methods,
Kepuasan Pelanggan dilakukan dengan 2 (dua) metode Survei, yaitu: namely:
1. Metode Kuantitatif, melalui kuesioner yang sifatnya close dan 1. Quantitative Method, through a questionnaire comprising
open questionnaire. closed- and open-ended questionnaire.
2. Metode Kualitatif, melalui Focus Group Discussion (FGD) dan 2. Qualitative Method, through Focus Group Discussion (FGD) and
Indepth Interview. In-Depth Interview.
Nilai indeks kepuasan pelanggan untuk pembangkit eksisting In 2022, the customer satisfaction index for the existing power
tahun 2022 diperoleh sebesar 87,23% meningkat 0,65% dari plant was 87.23%, increasing by 0.65% from 86.58% in 2021. As
tahun sebelumnya dengan nilai indeks sebesar 86.58%. Sedangkan for O&M services power plant, the customer satisfaction index was
untuk nilai indeks kepuasan pelangggan dari pembangkit Jasa O&M 82.47%, decreasing by 2.37% from previously 84.84% in 2021.
Perusahaan tahun 2022 sebesar 82,47% menurun 2,37% dari tahun Those indices fall under the category of ‘very good’.
sebelumnya dengan nilai indeks sebesar 84,84%. Nilai Kepuasan
Pelanggan baik pelanggan eksisting maupun jasa O&M, keduanya
termasuk dalam kategori sangat memuaskan.
554 Laporan Tahunan 2022 www.plnindonesiapower.co.id
PT PLN Indonesia Power