Page 553 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 553
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Social and Environment Responsibility
Kinerja Sosial
Performance on Social Aspects
Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Aspek Pelanggan
Corporate Social Responsibility Activities on Customer Aspect
Kebijakan Fokus Pelanggan merupakan upaya memberikan nilai Customer-Focused policy is made to create added value for
tambah bagi pelangan dan mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. customers and pursue sustainable business. Related to this, the
Lingkup kegiatan PLN Indonesia Power terkait tanggung jawab sosial Company’s activity scope covers listening to the customer voice
aspek pelanggan mencakup upaya mendengarkan suara pelanggan though Sharing Forum at the Power Plant area, holding customer
di unit pembangkit serta memenuhi ekspektasi pelanggan melalui gathering, conducting customer satisfaction survey, and providing
kegiatan Forum Sharing Pembangkit; Customer Gathering; Survei information about products and communication channels available
Kepuasan Pelanggan; serta penyediaan informasi produk dan sarana for customers. They are the manifestation of the Company's
komunikasi pelanggan. Hal tersebut merupakan komitmen PLN commitments to providing equal service for customers and
Indonesia Power dalam memberikan pelayanan yang setara kepada sustainable development of products.
pelanggan dan upaya pengembangan produk secara berkelanjutan.
Evaluasi Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2021
dan Menyusun Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan 2022
Evaluation of 2021 Customer Satisfaction Survey Results and Preparation of
OFI Action Plan for 2022 Customer Satisfaction
PLN Indonesia Power mengadakan workshop yang dilaksanakan PLN Indonesia Power held an online workshop on 14-16 March
pada 14 - 16 Maret 2022 secara online melalui Aplikasi Zoom 2022 via Zoom Meeting app. The attendees came from all Power
Meeting dengan peserta dari seluruh Unit Pembangkit PLN Generation Units, namely PGU, POMU, OMU, MSU and related
Indonesia Power baik PGU, POMU, OMU, MSU dan Divisi terkait Divisions at Head Office. In this occasion, the Company also invited
di Head Office serta mengundang perwakilan Pelanggan dari customer representatives of PLN (Persero) Main Unit of Load
PLN (Persero) UIP2B JAMALI dan PLN (Persero) UIKL KAL dengan Management for Java, Madura, and Bali (UIP2B JAMALI) and PLN
rincian kegiatan sebagai berikut: (Persero) Main Unit of Generation and Distribution for Kalimantan
(UIKL KAL). The activities in this workshop were as follows:
1. Evaluasi Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2021; 1. Evaluation of 2021 Customer Satisfaction Survey Results;
2. Penyusunan Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan oleh masing- 2. Preparation of OFI Action Plan of Customer Satisfaction by each
masing Unit terhadap prioritas perbaikan yang selanjutnya akan Unit on the improvement priority, to be evaluated by CMR I and
dievaluasi oleh CMR I dan CMR II untuk selanjutnya diupdate CMR II. This will be updated regularly in Aplikasi Pengelolaan
secara rutin dalam Aplikasi Pengelolaan Pelanggan (APPGAN) Pelanggan/Application of Customer Management (APPGAN)
setiap triwulan; every quarter;
3. Informasi dari pelanggan terkait kinerja Pembangkitan PLN 3. Obtaining information from the customers related to the
Indonesia Power dalam mensuplai sistem kelistrikan di Company’s Power Generation performance in supplying
Indonesia; electricity to all over Indonesia;
4. Penandatanganan Komitmen Bersama Action Plan OFI 4. Signing of the Joint Commitment on OFI Action Plan for
Kepuasan Pelanggan Tahun 2022 oleh seluruh perwakilan Unit, Customer Satisfaction in 2022 by all Unit representatives,
Divisi di Head Office yang terkait dan pihak Pelanggan. relevant Divisions at the Head Office, and the Customers.
Program Mendengarkan Suara Pelanggan di Unit Pembangkit
Listening to Voice of Customers Program in the Power Generation Unit
Program mendengarkan suara pelanggan di unit pembangkit The Company ensures that customer's voices are heard. In 2022, it
sepanjang tahun 2022 dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, is manifested through:
antara lain:
1. Forum Sharing Pembangkit, yang diselenggarakan secara virtual 1. Forum Sharing Pembangkit program, held virtually by several
oleh beberapa Unit PLN Indonesia Power diantaranya : Power Generation Units:
a. Semarang PGU dengan PLN UP2B Jawa Tengah & DIY a. Semarang PGU and PLN UP2B Central Java & Yogyakarta on
tanggal 23 Maret 2022; March 23, 2022;
b. Cilegon PGU dengan PLN UIP2B dan PLN UP2B Jakarta & b. Cilegon PGU with PLN UIP2B and PLN UP2B Jakarta &
Banten tanggal 20 April 2022; Banten on April 20, 2022;
c. Kamojang POMU dengan PLN UIP2B tanggal 25 Mei 2022; c. Kamojang POMU with PLN UIP2B on May 25, 2022;
2022 Annual Report
www.plnindonesiapower.co.id 553
PT PLN Indonesia Power