Page 553 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 553

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
                                     Social and Environment Responsibility


                                                                                                        Kinerja Sosial
                                                                                              Performance on Social Aspects


            Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Aspek Pelanggan
            Corporate Social Responsibility Activities on Customer Aspect

            Kebijakan Fokus Pelanggan merupakan upaya memberikan nilai   Customer-Focused policy is made to create added value for
            tambah bagi pelangan dan mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.   customers and pursue sustainable business. Related to this, the
            Lingkup kegiatan PLN Indonesia Power terkait tanggung jawab sosial   Company’s activity scope covers listening to the customer voice
            aspek pelanggan mencakup upaya mendengarkan suara pelanggan   though Sharing Forum at the Power Plant area, holding customer
            di unit pembangkit serta memenuhi ekspektasi pelanggan melalui   gathering, conducting customer satisfaction survey, and providing
            kegiatan Forum  Sharing Pembangkit; Customer Gathering; Survei   information about products and communication channels available
            Kepuasan Pelanggan; serta penyediaan informasi produk dan sarana   for customers. They are the manifestation of the Company's
            komunikasi pelanggan. Hal tersebut merupakan komitmen PLN   commitments to providing equal service for customers and
            Indonesia Power dalam memberikan pelayanan yang setara kepada   sustainable development of products.
            pelanggan dan upaya pengembangan produk secara berkelanjutan.


            Evaluasi Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2021
            dan Menyusun Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan 2022
            Evaluation of 2021 Customer Satisfaction Survey Results and Preparation of
            OFI Action Plan for 2022 Customer Satisfaction


            PLN Indonesia Power mengadakan  workshop yang dilaksanakan   PLN Indonesia Power held an online workshop on 14-16 March
            pada 14 - 16 Maret 2022 secara  online melalui Aplikasi  Zoom   2022 via Zoom Meeting app. The attendees came from all Power
            Meeting dengan peserta dari seluruh Unit Pembangkit PLN   Generation Units, namely PGU, POMU, OMU, MSU and related
            Indonesia Power baik PGU, POMU, OMU, MSU dan Divisi terkait   Divisions at Head Office. In this occasion, the Company also invited
            di  Head Office  serta mengundang perwakilan Pelanggan dari   customer representatives of PLN (Persero) Main Unit of Load
            PLN (Persero) UIP2B JAMALI dan PLN (Persero) UIKL KAL dengan   Management for Java, Madura, and Bali (UIP2B JAMALI) and PLN
            rincian kegiatan sebagai berikut:                  (Persero) Main Unit of Generation and Distribution for Kalimantan
                                                               (UIKL KAL). The activities in this workshop were as follows:
            1.  Evaluasi Hasil Survei Kepuasan Pelanggan Tahun 2021;  1.  Evaluation of 2021 Customer Satisfaction Survey Results;
            2.  Penyusunan Action Plan OFI Kepuasan Pelanggan oleh masing-  2.  Preparation of OFI Action Plan of Customer Satisfaction by each
               masing Unit terhadap prioritas perbaikan yang selanjutnya akan   Unit on the improvement priority, to be evaluated by CMR I and
               dievaluasi oleh CMR I dan CMR II untuk selanjutnya diupdate   CMR II. This will be updated regularly in Aplikasi Pengelolaan
               secara rutin dalam Aplikasi Pengelolaan Pelanggan (APPGAN)   Pelanggan/Application of Customer Management (APPGAN)
               setiap triwulan;                                   every quarter;
            3.  Informasi dari pelanggan terkait kinerja Pembangkitan PLN   3.  Obtaining  information  from  the  customers  related  to  the
               Indonesia Power dalam mensuplai sistem kelistrikan di   Company’s Power Generation performance in supplying
               Indonesia;                                         electricity to all over Indonesia;
            4.  Penandatanganan Komitmen Bersama  Action Plan OFI   4.  Signing of the Joint Commitment on OFI Action Plan for
               Kepuasan Pelanggan Tahun 2022 oleh seluruh perwakilan Unit,   Customer Satisfaction in 2022 by all Unit representatives,
               Divisi di Head Office yang terkait dan pihak Pelanggan.  relevant Divisions at the Head Office, and the Customers.


            Program Mendengarkan Suara Pelanggan di Unit Pembangkit
            Listening to Voice of Customers Program in the Power Generation Unit
            Program mendengarkan suara pelanggan di unit pembangkit   The Company ensures that customer's voices are heard. In 2022, it
            sepanjang tahun 2022 dilaksanakan melalui beberapa kegiatan,   is manifested through:
            antara lain:
            1.  Forum Sharing Pembangkit, yang diselenggarakan secara virtual   1.  Forum Sharing Pembangkit program, held virtually by several
               oleh beberapa Unit PLN Indonesia Power diantaranya :  Power Generation Units:
               a.  Semarang  PGU dengan  PLN  UP2B  Jawa  Tengah  &  DIY   a.  Semarang PGU and PLN UP2B Central Java & Yogyakarta on
                 tanggal 23 Maret 2022;                             March 23, 2022;
               b.  Cilegon PGU dengan PLN UIP2B dan PLN UP2B Jakarta &     b.  Cilegon PGU with PLN UIP2B and PLN UP2B Jakarta &
                 Banten tanggal 20 April 2022;                      Banten on April 20, 2022;
               c.  Kamojang POMU dengan PLN UIP2B tanggal 25 Mei 2022;  c.  Kamojang POMU with PLN UIP2B on May 25, 2022;




                                                                                             2022 Annual Report
             www.plnindonesiapower.co.id                                                                      553
                                                                                             PT PLN Indonesia Power
   548   549   550   551   552   553   554   555   556   557   558