Page 550 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 550

Powering Sustainable
          and Prosperous Future


          Kinerja Lingkungan Hidup
          Environmental Performance


          3.  Manfaat  Pengelolaan  Lingkungan  pada  Pembangunan   3.  Benefits of Environmental Management for Sustainability
            Keberlanjutan                                      Development
            •  Program  Efisiensi  Energi  melalui  implementasi  PPME  dan   •  Energy Efficiency Program through implementation of PPME
              penggunaan EBT sebagai upaya Peningkatan Manajemen   and utilization of new & renewable energy sources aims at
              Energi untuk mendukung SDGs No.7 (energi bersih), No.8   Improving Management of Energy and promoting SDGs
              (pekerjaan layak) dan No.13 (perubahan Iklim).     No.7 (clean energy), No.8 (decent work) and No.13 (climate
                                                                 change).
            •  Pengurangan Emisi dengan Uji coba Biomassa, konversi bahan   •  Reduced Emission through Biomass trial, fuel conversion,
              bakar, penggantian bahan perusak ozon dan program CDM   replacement of ODS and implementation of CDM program to
              mendukung dalam mengatasi dampak perubahan iklim sesuai   help tackle climate change impacts in accordance with SDGs
              SDGs No.13 (perubahan Iklim) dan SDGs No.3 (Kesehatan   No. 13 (Climate Change) and SDGs No.3 (Good Health and
              yang baik).                                        Well-being).
            •  Upaya pengelolaan dan konservasi sumber daya air melalui   •  Water resources management and conservation through 3R
              program 3R (reduce, reuse, recycle) untuk melindungi sumber   (reduce, reuse, recycle) program to protect water resources in
              daya air sesuai SDGs No.6 (Akses Air bersih).      accordance with SDGs No.6 (Access to Clean Water).
            •  Pengelolaan Limbah Cair, Limbah B3 dan Limbah Non B3   •  Liquid  Waste,  B3  Waste  and  Non-B3  Waste  Management
              melalui program pemanfaatan atau 3R merupakan langkah   through utilization or 3R program to mitigate the impacts of
              mitigasi terhadap dampak pencemaran ekosistem Air (SDGs   pollution in the aquatic ecosystem (SDGs No.14) and land
              No.14), pencemaran ekosistem darat (SDGs No.15) kesehatan   ecosystem (SDGs No.15), and ensure health and safety (SDGs
              dan keselamatan (SDGs No.3).                       No.3).
            •  Program perlindungan dan konservasi keanekaragaman   •  Biodiversity protection and conservation program through
              hayati melalui program Kawan Hijaunesia Power, konservasi   Kawan Hijaunesia Power and conservation of endemic plants
              flora  dan  fauna endemik,  memberikan  manfaat  dalam   and animals to protect and improve Aquatic Ecosystem
              melindungi serta meningkatkan ekosistem Air (SDGs No.14)   (SDGs No.14) and Land Ecosystem (SDGs No.15).
              dan Ekosistem Darat (SDGs No.15).


          Mekanisme Pengaduan Masalah Lingkungan
          Mechanism of Complaint about Environmental Issue
          PLN Indonesia Power menyediakan mekanisme pelaporan   The Company prepares mechanisms to report complaints and handle
          pengaduan dan penanganan konflik terkait lingkungan yang   conflicts related to the environment that may arise as a result of
          mungkin timbul sebagai dampak dari kegiatan operasional   the Company's operational activities. Complaints can be filed to the
          Perusahaan. Pengaduan masalah lingkungan tersebut disampaikan   corresponding Power Plants and addressed to the General manager
          kepada Unit Pembangkit terkait yang ditujukan kepada General   of the unit.
          Manager masing-masing unit.

                                         Mekanisme Pengaduan Masalah Lingkungan
                                        Mechanism of Complaint about Environmental Issue


             Menerima pengaduan/pertanyaan/    Verifikasi pengaduan/pertanyaan/  Penyampaian pengaduan/pertanyaan/
                 keluhan pihak eksternal       keluhan oleh Bidang Komunikasi     keluhan  kepada bidang terkait
              Receiving complaints/questions/  Verification of complaints/questions/  Submission of complaints/questions/
               grievance from external parties  grievance by Communication Division  grievance to the relevant sector



              Penyampaian informasi/jawaban                                       Penyampaian informasi/ jawaban
                 kepada pihak eksternal         Penyusunan informasi/jawaban         kepada pihak eksternal
            Submission of information/answers to   Formulation of information/answers   Submission of information/answers to
                    external parties                                                    external parties











        550     Laporan Tahunan 2022                                                         www.plnindonesiapower.co.id
                PT PLN Indonesia Power
   545   546   547   548   549   550   551   552   553   554   555