Page 308 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 308
Powering Sustainable
and Prosperous Future
Perbandingan antara Target 2022, Realisasi 2022 dan Proyeksi 2023
Comparison between 2022 Target, 2022 Realization, and 2023 Projection
Perbandingan antara Target, Realisasi, dan Proyeksi Aspek Pemasaran
Comparison between Marketing Aspect Target, Realization, and Projection
Terkait dengan aspek pemasaran teradapat indikator yang Pertaining to the marketing aspect, several indicators are involved,
ditentukan yaitu pangsa pasar dan survei kepuasan pelanggan. i.e., Market share and customer satisfaction survey.
Tabel Perbandingan Target dengan Realisasi Aspek Pemasaran Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023 (%)
Table of Comparison of Marketing Aspect Target against Realization in 2022 and 2023 Projection (%)
Pencapaian (%)
Uraian Target RKAP 2022 Realisasi 2022 Proyeksi 2023
Description WP&B 2022 Target 2022 Realization Achievement 2023 Projection
(%)
Pangsa Pasar (%) Market Share (%) 14,51 17,11 117,89% 30,11*
Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Existing 82,00 87,23 106,38% 83,00
(Skala Likert) (%)
Customer Satisfaction Survey for Existing Power Plants
(Likert Scale) (%)
Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Jasa 82,00 82,47 100,57% 83,00
O&M (Skala Likert) (%)
Customer Satisfaction Survey for O&M Service Power
Plants (Likert Scale) (%)
* pangsa pasar hanya pasar di Sistem Jawa-Bali. the market share only covers Java-Bali System.
Realisasi pangsa pasar tahun 2022 adalah 17,11% dengan pencapaian The realized market share for 2022 was 17.11% of the 2022
sebesar 117,89% dari target tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun target. Further, the market share for 2023 is projected at 30.11%
2023 pangsa diproyeksikan sebesar 30,11% dengan dasar asumsi with the basis of assumption that marketing would have been
telah mengakomodir penjualan unit-unit subholding di sistem Jawa- accommodated for subholding units that were transferred from PLN
Bali yang dialihkan dari PLN ke PLN Indonesia Power. to PLN Indonesia Power.
Realisasi survei kepuasan pelanggan untuk pembangkit eksisting The realization of customer satisfaction survey for existing power
tahun 2022 adalah 87,23% dengan pencapaian 106,38% dari target plants in 2022 was 87.23%, with 106.38% achievement from the
tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun 2023 skor survei kepuasan 2022 target. Further for 2023, the customer satisfaction survey score
pelanggan pembangkit eksisting diproyeksikan sebesar 83,00%. for existing power plants is projected at 83.00%. The projections are
Proyeksi tersebut didasarkan pada pencapaian dan harapan-harapan based on the achievement and customers’ expectation according to
pelanggan sesuai hasil survei tahun 2022. the 2022 survey.
Realisasi survei kepuasan pelanggan untuk pembangkit jasa O&M The realization of customer satisfaction survey for O&M Service
tahun 2022 adalah 82,47% dengan pencapaian 100,57 % dari target power plants in 2022 was 82.47%, with 100.57% achievement
tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun 2023 skor survei kepuasan from the 2022 target. Further for 2023, the customer satisfaction
pelanggan pembangkit jasa O&M diproyeksikan sebesar 83,00%. survey score for O&M Service power plants is projected at 83.00%.
Proyeksi tersebut didasarkan pada pencapaian dan harapan-harapan The projections are based on the achievement and customers’
pelanggan sesuai hasil survei tahun 2022. expectation according to the 2022 survey.
Proyeksi Kebijakan Deviden ke Depan
Dividend Policy Projection
Kebijakan deviden ke depan mengacu pada keputusan RUPS yang Future dividend policy will refer to GMS resolutions, based on
didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan applicable and relevant laws and regulations.
relevan.
308 Laporan Tahunan 2022 www.plnindonesiapower.co.id
PT PLN Indonesia Power