Page 308 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 308

Powering Sustainable
          and Prosperous Future


          Perbandingan antara Target 2022, Realisasi 2022 dan Proyeksi 2023
          Comparison between 2022 Target, 2022 Realization, and 2023 Projection


          Perbandingan antara Target, Realisasi, dan Proyeksi Aspek Pemasaran
          Comparison between Marketing Aspect Target, Realization, and Projection

          Terkait dengan aspek pemasaran teradapat indikator yang   Pertaining to the marketing aspect, several indicators are involved,
          ditentukan yaitu pangsa pasar dan survei kepuasan pelanggan.  i.e., Market share and customer satisfaction survey.

          Tabel Perbandingan Target dengan Realisasi Aspek Pemasaran Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023 (%)
          Table of Comparison of Marketing Aspect Target against Realization in 2022 and 2023 Projection (%)
                                                                                  Pencapaian (%)
                            Uraian                  Target RKAP 2022  Realisasi 2022            Proyeksi 2023
                          Description               WP&B 2022 Target  2022 Realization  Achievement   2023 Projection
                                                                                      (%)
          Pangsa Pasar (%) Market Share (%)                  14,51          17,11   117,89%            30,11*

          Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Existing   82,00      87,23    106,38%             83,00
          (Skala Likert) (%)
          Customer Satisfaction Survey for Existing Power Plants
          (Likert Scale) (%)
          Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Jasa   82,00          82,47    100,57%             83,00
          O&M (Skala Likert) (%)
          Customer Satisfaction Survey for O&M Service Power
          Plants (Likert Scale) (%)
          * pangsa pasar hanya pasar di Sistem Jawa-Bali. the market share only covers Java-Bali System.
          Realisasi pangsa pasar tahun 2022 adalah 17,11% dengan pencapaian   The realized market share for 2022 was 17.11% of the 2022
          sebesar 117,89% dari target tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun   target. Further, the market share for 2023 is projected at 30.11%
          2023 pangsa diproyeksikan sebesar 30,11% dengan dasar asumsi   with the basis of assumption that marketing would have been
          telah mengakomodir penjualan unit-unit subholding di sistem Jawa-  accommodated for subholding units that were transferred from PLN
          Bali yang dialihkan dari PLN ke PLN Indonesia Power.  to PLN Indonesia Power.

          Realisasi survei kepuasan pelanggan untuk pembangkit eksisting   The realization of customer satisfaction survey for existing power
          tahun 2022 adalah 87,23%  dengan pencapaian 106,38% dari target   plants in 2022 was 87.23%, with 106.38% achievement from the
          tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun 2023 skor survei kepuasan   2022 target. Further for 2023, the customer satisfaction survey score
          pelanggan pembangkit eksisting diproyeksikan sebesar 83,00%.   for existing power plants is projected at 83.00%. The projections are
          Proyeksi tersebut didasarkan pada pencapaian dan harapan-harapan   based on the achievement and customers’ expectation according to
          pelanggan sesuai hasil survei tahun 2022.          the 2022 survey.

          Realisasi survei kepuasan pelanggan untuk pembangkit jasa O&M   The realization of customer satisfaction survey for O&M Service
          tahun 2022 adalah 82,47% dengan pencapaian 100,57 %  dari target   power plants in 2022 was 82.47%, with 100.57% achievement
          tahun 2022. Selanjutnya, pada tahun 2023 skor survei kepuasan   from the 2022 target. Further for 2023, the customer satisfaction
          pelanggan pembangkit jasa O&M diproyeksikan sebesar 83,00%.   survey score for O&M Service power plants is projected at 83.00%.
          Proyeksi tersebut didasarkan pada pencapaian dan harapan-harapan   The projections are based on the achievement and customers’
          pelanggan sesuai hasil survei tahun 2022.          expectation according to the 2022 survey.


          Proyeksi Kebijakan Deviden ke Depan
          Dividend Policy Projection

          Kebijakan deviden ke depan mengacu pada keputusan RUPS yang   Future  dividend  policy  will  refer  to  GMS  resolutions,  based  on
          didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan   applicable and relevant laws and regulations.
          relevan.











       308      Laporan Tahunan 2022                                                         www.plnindonesiapower.co.id
                PT PLN Indonesia Power
   303   304   305   306   307   308   309   310   311   312   313