Page 163 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 163

Providing Optimized Economic Performance
                                                                For National Economic Development




                                                                      MENGHADIRKAN DAMPAK EKONOMI TIDAK LANGSUNG
                                                                                   PROVIDING INDIRECT ECONOMIC IMPACTS






                                     Program                             Hasil dan Perkembangan (Dampak)
              No
                                     Program                                Result and Progress (Impact)
              16  Rumah Kreatif                                -  Omzet:  Rp73  juta  dari  bengkel  sepeda,  daur  ulang  kertas  dan
                  Merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bekerjasama   handycraft serta produksi hand sanitizer dan masker kain
                  dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara untuk  -  Turnover:  Rp73  million  from  bicycle  repair  shops,  paper  recycling
                  pemberdayaan  klien  pasca  rehabilitasi  yang  memiliki  kegiatan   and  handicrafts,  as  well  as  the  hand  sanitizers  and  cloth  masks
                  ekonomi kreatif.                              production
                  Creative House
                  Creative  House  is  a  community  empowerment  program  in
                  collaboration with North Jakarta National Narcotics Agency (BNNK)
                  to empower post-rehabilitation clients who have creative economic
                  activities.
              17  Taman Hatinya Sunter                         -  Omzet:  Rp800  juta/tahun  dari  Dapur  Mak  Demplon  dan  Kelompok
                  Program pengembangan kawasan hijau di wilayah perkotaan di DKI   Wanita Tani.
                  Jakarta Priok POMU berupa pembuatan produk UKM yaitu minuman  -  Penghasilan anggota: Rp4,5 juta/bulan
                  herbal,  roti buaya,  snack box,  sayuran  organik,  bank  sampah  dan  -  Turnover: Rp800 million/year from the Mak Demplon Kitchen and the
                  pupuk kompos.                                 Women Farmers Group.
                  Taman Hatinya Sunter (Sunter Heart Park)     -  Member's income: Rp4.5 million/month
                  The green area development program in urban areas in Priok POMU
                  DKI Jakarta is in the form of making SMEs products, such as herbal
                  drinks,  crocodile  bread,  snack  boxes,  organic  vegetables,  waste
                  banks, and compost.



            Peningkatan Pelibatan Penyedia Lokal [GRI 203-2]
            Improvement of Local Suppliers' Involvement  [GRI 203-2]

            Indonesia Power berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatan   Indonesia Power is committed to enhancing the local suppliers'
            pemasok  lokal  untuk  dapat  bekerjasama  dalam  rantai  nilai   engagement to cooperate with the Company's supply chain, as
            perusahaan yang dituangkan dalam Keputusan Direksi Nomor   outlined in the Board of Directors' Decree No. 131.K/010/IP/2021
            131.K/010/IP/2021  tentang  Perubahan  Kedua  atas  Keputusan   on the Second Amendment to the Board of Directors' Decree No.
            Direksi Nomor 218.K/010/IP/2016  tentang Pedoman Pengadaan   218.K/010/IP/2016 on the Guidelines for Procurement of Goods/
            Barang/ Jasa PT Indonesia Power Bab VIII Pendayagunaan Produk   Services in PT Indonesia Power Chapter VIII Utilization of Domestic
            Dalam NegeriDalam kebijakan tersebut, telah tercantum adanya   Products.  The  policy  stipulates  that  there  is  an  emphasis  on
            penekanan  untuk  melibatkan  penyedia  lokal  dengan  adanya   involving  local  providers  with  the  Domestic  Component  Level
            standar  Tingkat  Komponen  Dalam  Negeri  (TKDN)  barang/jasa.   (DCL)  standard  for  goods/services.  Indonesia  Power  defines  a
            Indonesia  Power  mendefinisikan  penyedia  lokal  merupakan   local provider as a supplier domiciled in the country.
            pemasok yang berdomisili di dalam negeri.

            Komitmen  meningkatkan  keterlibatan  pemasok  lokal  ini   The commitment to increasing the local suppliers' engagement
            merupakan  strategi  Indonesia  Power  dalam  membantu   is  Indonesia  Power's  strategy  to  assist  the  improvement  of
            meningkatkan   pembangunan   ekonomi   nasional   dan   national  economic development  and  the  community  welfare
            meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat  di  sekitar  wilayah   surrounding the Company's working areas. This is also a form of
            kerja  Perusahaan.  Hal  ini    juga  merupakan  bentuk  kepatuhan   the Company's compliance with the Regulation of the Minister of
            Perusahaan  atas  Peraturan  Menteri  Perindustrian  Republik   Industry of the Republic of Indonesia No. 54/M-IND/PER/3/2012
            Indonesia  Nomor  54/M-IND/PER/3/2012  tentang  Pedoman   on  the  Guidelines  for  the  Utilization  of  Domestic  Products  for
            Penggunaan  Produk  Dalam  Negeri  untuk  Pembangunan   Electricity  Infrastructure  Development,  which  stipulates  the
            Infrastruktur  Ketenagalistrikan,  dimana  dalam  peraturan   Domestic Component Level (DCL) of goods/ services that must
            tersebut  telah  ditetapkan  Tingkat  Komponen  Dalam  Negeri   be complied with in Indonesia Power’s procurement process.
            (TKDN)  barang/jasa  yang  harus  dipatuhi  dalam  proses
            pengadaan Indonesia Power.









            PT INDONESIA POWER 2021 Sustainability Report
                                                                                                           163
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168