Page 516 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 516

Powering Sustainable
          and Prosperous Future


          Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)
          State Official Wealth Report (LHKPN)


          Pelaksanaan Laporan LHKPN Tahun 2022
          LHKPN Submission in 2022

          Pada tahun 2022, penanggung jawab pengelolaan LHKPN di   The party in charge of the Company’s LHKPN management has
          Perusahaan telah memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis   disseminated and provided technical guidance on LHKPN to
          tentang LHKPN kepada para wajib lapor melalui pendistribusian   mandatory reporters by distributing documents and introducing
          dokumen dan sosialisasi e-lhkpn online. Pelaporan LHKPN dilakukan   the online portal, e-lhkpn. LHKPN should be submitted by March
          selambat-lambatnya tanggal 31 Maret setelah tahun berjalan dan   31 after the current year, digitally to the e-lhkpn portal. In 2022,
          dilakukan secara elektronik menggunakan aplikasi e-LHKPN. Pada   all 613 mandatory reporters have submitted their LHKPN to the
          tahun 2022 seluruh pejabat yang menjadi wajib lapor LHKPN atau   Corruption Eradication Commission (KPK), whose information can
          sebanyak 613 orang  telah melaporkan  harta  kekayaannya yang   be accessed publicly on the website www.kpk.go.id.
          disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dan informasinya
          dapat diakses oleh publik melalui website www.kpk.go.id.




          Pengadaan Barang dan Jasa

          Goods and Services Procurement


          Perusahaan memiliki kebijakan dalam melaksanakan dan mengelola   The Company owns a policy for performing and managing goods
          kegiatan pengadaan barang dan/atau jasa di Perusahaan sehingga   and/or services procurement effectively and efficiently according to
          pengadaan barang dan/atau jasa dapat dilakukan secara efektif dan   applicable laws and regulations, as well as improving the quality of
          efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,   procurement and suppliers.
          sekaligus meningkatkan kualitas pengadaan serta kualitas pemasok.


          Kebijakan pengadaan barang dan jasa ditetapkan melalui Keputusan   The goods and services procurement policy is specified by the
          Direksi  Nomor  218.K/010/IP/2016  tanggal  1  November  2016   Decree of the Board of Directors No. 218.K/010/IP/2016 dated
          tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa PT Indonesia Power.   November 01, 2016 on the Guidelines for the Procurement of Goods
          Kebijakan ini mengatur ketentuan mengenai Organisasi pengadaan   and Services in Indonesia Power. The policy concerns about: Goods
          barang dan jasa, Pengelolaan perencanaan pengadaan, Pengelolaan   and services procurement organization; Procurement planning
          pengadaan barang dan jasa, Manajemen penyedia barang dan jasa,   management; Goods and services procurement management;
          E-Procurement serta Pengendalian pengadaan barang dan jasa.   Goods and services provision management; E-Procurement; and
          Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Perusahaan dilakukan   Goods and services procurement control. The procurement work is
          oleh Satuan Supply Chain Management and Procurement.   assumed by the Supply Chain Management and Procurement Unit.
          Setiap pihak yang bekerja sama dengan Perusahaan harus memenuhi   Every party in cooperation with the Company must comply with the
          dan mematuhi ketentuan dan persyaratan yang tercantum dalam   terms and conditions of the Code of Conduct as well as the written
          Pedoman Etika Perusahaan dan kontrak tertulis. Para Penyedia   contract. The suppliers are also required to sign mandatory Integrity
          juga diwajibkan menandatangani Pakta Integritas dalam kaitannya   Pact regarding goods and services procurement. This aims to keep
          dengan pengadaan barang dan jasa. Hal ini ditujukan agar seluruh   all business and operational  processes running objectively and in
          proses bisnis dan operasional  dapat berjalan secara objektif  dan   line with the applicable provisions.
          sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
          Selain  itu,  menegaskan  komitmen  Perusahaan  dalam  Also, to confirm the commitment to eradicating corruption,
          pemberantasan praktik anti korupsi, pengelolaan pengadaan   the Company’s goods and services procurement has also
          barang dan jasa di Perusahaan juga telah mengimplementasikan   implemented ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System.
          ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sistem   The implementation of Anti-Bribery Management System aims to
          Manajemen Anti Penyuapan ini diterapkan untuk menciptakan iklim   create a clean procurement climate and strengthen a system that
          pengadaan barang dan jasa yang bersih dan  memperkuat sistem   prevents any corruption, collusion, and nepotism in every goods/
          pencegahan terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme dalam setiap   services procurement stage, including the requirements for supplier
          tahapan proses pengadaan barang dan jasa termasuk persyaratan   candidate’s registration.
          pendaftaran calon pemasok.




        516     Laporan Tahunan 2022                                                          www.plnindonesiapower.co.id
                PT PLN Indonesia Power
   511   512   513   514   515   516   517   518   519   520   521