Page 202 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 202

Powering Sustainable
          and Prosperous Future


          Sumber Daya Manusia
          Human Capital


          Employee Satisfaction Index
          Employee Satisfaction Index
          Nilai  Employee Satisfaction Index (ESI) tahun 2022 adalah   The Employee Satisfaction Index (ESI) for 2022 was 80.90%.
          sebesar  80,90%.  Pencapaian pada  tahun  ini  lebih rendah   The achievement was lower compared to in 2021, due to several
          dibandingkan dengan tahun 2021 yang disebabkan oleh masih   areas of improvement in the fit and proper testing for employee
          perlu ada peningkatan pada proses fit and proper test dalam proses   placement/promotion at work units. The procedures for preparing
          penempatan/promosi pegawai di unit kerja, kemudian mekanisme   education and training plans with superiors as well as the procedures
          menyusun rencana diklat bersama atasan pada proses pendidikan   for assessment of target achievement in performance assessment
          dan pelatihan, dan yang terakhir adalah mekanisme penilaian   process also need to be improved.
          pencapaian target pada proses penilaian kinerja.


            Grafik ESI Tahun 2019 - 2022 (%)                          84,10
            Chart of ESI in 2019-2022 (%)                                           83,30





                                                        80,84                                     80,90





                                                        2019          2020          2021          2022



          Employee Engagement Index
          Employee Engagement Index
          Pengukuran Employee Engagement Index (EEI) tahun 2022   The  Employee Engagement  Index (EEI)  for 2022  was 86%.  The
          menggunakan  framework  Korn Ferry dengan  skor sebesar  86%.   score 86% from 2022 Employee Engagement Index (EEI) was
          Pengukuran  Employee Engagement Index (EEI) tahun 2022 telah   higher than the BUMN Norms of 84% and Indo Norms of 78%.
          dilaksanakan dengan hasil sebesar 86%, hasil tersebut lebih tinggi   This year’s score was lower than in 2021, which among others was
          dari BUMN Norms dengan skor sebesar 84% dan Indo  Norms   contributed by employee perception on the Company’s outlook due
          dengan skor sebesar 78%. Pencapaian pada tahun ini lebih rendah   to the “holdingization” in electricity industry and the Company’s
          dibandingkan dengan tahun 2021 salah satunya disebabkan oleh   expansion to beyond kWh businesses.
          persepsi pegawai tentang prospek perusahaan ke depan yang
          dipengaruhi oleh isu Holdingisasi bidang Ketenagalistrikan dan
          perluasan bisnis Perusahaan ke arah Beyond kWh.

          Grafik Perbandingan EEI PLN Indonesia Power vs Indonesia Norms vs BUMN Norms (%) Tahun 2022
          Chart of Comparison between Indonesia Power EEI vs. Indonesia Norms vs. BUMN Norms (%) 2022


                                        90
                87                                              88
                                                                                        86
                                                                                              84
                     82                       82                      82
                           80                       80                      80
                                                                                                    78




                    2019                     2020                    2021                    2022
                                     PLN IP            BUMN Norm            Indonesia Norm





        202     Laporan Tahunan 2022                                                         www.plnindonesiapower.co.id
                PT PLN Indonesia Power
   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207