Page 297 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 297

Developing Excellent
                                                                            Human Resources



            PENANGANAN PENGADUAN


            PEGAWAI [GRI 103-2, 103-3]

            EMPLOYEE COMPLAINT HANDLING [GRI 103-2, 103-3]



            Indonesia  Power  telah  memiliki  kebijakan  terkait  penanganan   Indonesia  Power  has  a  policy  related  to  handling  employee
            pengaduan pegawai yang tercantum dalam PKB Bab VII Hubungan   complaints,  stipulated  in CLA  Chapter  VII  Industrial  Relations
            Industrial pasal 133 tentang Keluh Kesah Pegawai dan Pasal 134   article  133  on  Employee  Complaints  and  Article  134  on  the
            tentang Penyelesaian Keluh Kesah Pegawai. Keluhan pegawai dapat   Settlement of Employee Complaints. Complaints from employees
            diajukan  secara  langsung  kepada  atasan  yang  kemudian  akan   can  be  submitted  directly  to  supervisor,  who  will  then  find  a
            mencarikan solusi penyelesaian dan jalan keluar atas masalah   solution and way out of the problem. If the complaint cannot be
            yang terjadi. Apabila pengaduan tersebut tidak dapat diselesaikan   resolved structurally, the employee has the right to submit it to
            secara  struktural,  maka  karyawan  berhak  menyampaikannya   the union to be resolved in a bipartite manner. Afterward, if the
            kepada serikat pekerja untuk diselesaikan secara bipartit.   complaint  cannot be  resolved  in a bipartite  manner,  it will be
            Kemudian apabila pengaduan tersebut tidak dapat diselesaikan   resolved in a tripartite manner with reference to the prevailing
            secara bipatrit maka permasalahannya akan diselesaikan secara   employment  Laws  and  regulations.  The  complete  employee
            tripatrit dengan  mengacu pada  Undang-Undang dan  peraturan   complaint mechanism can be referred to in the following chart:
            ketenagakerjaan yang berlaku. Mekanisme pengaduan pegawai
            secara lengkap dapat dilihat pada bagan berikut:

                                               Mekanisme Pengaduan Pegawai
                                                Employee’s Grievance Mechanism


                Penyampaian keluh kesah         Atasan Langsung mencari
              pegawai kepada Atasan Langsung   solusi penyelesaian masalah                      Selesai
              Submission of employee’s complaint to                                             Finished
                    Direct Supervisor              dan jalan keluar
                                              Direct Supervisor finds solution and
                                                 ways out for the problems
                                                                                       Diselesaikan sesuai dengan
                                                                                      Undang-undang dan peraturan
                                                                                       ketenagakerjaan yang berlaku
                                                                                      Resolved in accordance with applicable
                                                                                       employment Laws and regulations
                Belum Selesai
                 Not Finished
                                                                                            Belum Selesai
                                                                                            Not Finished


               Pegawai menyampaikan keluh         Menyelesaikan bersama Majemen di    Diajukan ke Lembaga Kerjasama
                kesah ke atasan dari atasan   Belum Selesai  Kepegawaian dan General Manager   Belum Selesai  Bipatrit (LKB) untuk mendapatkan
                 langsung untuk diadakan   Not Finished  Unit/Pejabat setingkat Eksekutif   Not Finished  saran, rekomendasi atau
              penyelesaian secara musyawarah      Senior yang menangani Hubungan           memorandum
               dan tindakannya disampaikan          Industrial beserta Pengurus      Submitted to the Bipartite Cooperation
              kepada Pengurus PP Tingkat Unit     Organisasi PP-IP di unit setempat.  Institution (LKB) to obtain suggestions,
                      setempat.                     Settling with the Management in   recommendations, or memorandum
               The employee conveys the complaints   Employment and General Manager
              to the direct report of his/her supervisor   Unit/Officer at the level of a Senior
              to be resolved through deliberation, and   Executive who handles Industrial
               the action is communicated to the PP   Relations with PP-IP Organization
                  Manager of the local Unit.           Manager in the local


            Sepanjang tahun 2021, Indonesia Power tidak menerima pengaduan   In  2021,  Indonesia  Power did  not  receive  complaints  from
            dari pegawai terkait pelanggaran terhadap praktik ketenagakerjaan   employees related to violations of employment practices
            maupun  pelanggaran  HAM  termasuk  insiden  diskriminasi  dan   or human rights, including incidents of discrimination and
            kerja paksa di dalam Perusahaan. Indonesia Power meyakini bahwa   forced labor within the Company. Indonesia Power believes that
            pegawai merupakan aset berharga bagi Perusahaan yang secara   employees are valuable assets for the Company that continuously
            berkelanjutan perlu ditingkatkan antara lain dalam hal kompetensi,   improves, among others, in terms of competence, work attitude,
            sikap kerja dan profesionalisme guna menumbuhkan rasa nyaman   and professionalism, to cultivate a sense of comfort and pride of
            dan kebanggaan pegawai kepada Perusahaan.         the employees in the Company.



            PT INDONESIA POWER 2021 Sustainability Report
                                                                                                           297
   292   293   294   295   296   297   298   299   300   301   302