Page 297 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 297
Developing Excellent
Human Resources
PENANGANAN PENGADUAN
PEGAWAI [GRI 103-2, 103-3]
EMPLOYEE COMPLAINT HANDLING [GRI 103-2, 103-3]
Indonesia Power telah memiliki kebijakan terkait penanganan Indonesia Power has a policy related to handling employee
pengaduan pegawai yang tercantum dalam PKB Bab VII Hubungan complaints, stipulated in CLA Chapter VII Industrial Relations
Industrial pasal 133 tentang Keluh Kesah Pegawai dan Pasal 134 article 133 on Employee Complaints and Article 134 on the
tentang Penyelesaian Keluh Kesah Pegawai. Keluhan pegawai dapat Settlement of Employee Complaints. Complaints from employees
diajukan secara langsung kepada atasan yang kemudian akan can be submitted directly to supervisor, who will then find a
mencarikan solusi penyelesaian dan jalan keluar atas masalah solution and way out of the problem. If the complaint cannot be
yang terjadi. Apabila pengaduan tersebut tidak dapat diselesaikan resolved structurally, the employee has the right to submit it to
secara struktural, maka karyawan berhak menyampaikannya the union to be resolved in a bipartite manner. Afterward, if the
kepada serikat pekerja untuk diselesaikan secara bipartit. complaint cannot be resolved in a bipartite manner, it will be
Kemudian apabila pengaduan tersebut tidak dapat diselesaikan resolved in a tripartite manner with reference to the prevailing
secara bipatrit maka permasalahannya akan diselesaikan secara employment Laws and regulations. The complete employee
tripatrit dengan mengacu pada Undang-Undang dan peraturan complaint mechanism can be referred to in the following chart:
ketenagakerjaan yang berlaku. Mekanisme pengaduan pegawai
secara lengkap dapat dilihat pada bagan berikut:
Mekanisme Pengaduan Pegawai
Employee’s Grievance Mechanism
Penyampaian keluh kesah Atasan Langsung mencari
pegawai kepada Atasan Langsung solusi penyelesaian masalah Selesai
Submission of employee’s complaint to Finished
Direct Supervisor dan jalan keluar
Direct Supervisor finds solution and
ways out for the problems
Diselesaikan sesuai dengan
Undang-undang dan peraturan
ketenagakerjaan yang berlaku
Resolved in accordance with applicable
employment Laws and regulations
Belum Selesai
Not Finished
Belum Selesai
Not Finished
Pegawai menyampaikan keluh Menyelesaikan bersama Majemen di Diajukan ke Lembaga Kerjasama
kesah ke atasan dari atasan Belum Selesai Kepegawaian dan General Manager Belum Selesai Bipatrit (LKB) untuk mendapatkan
langsung untuk diadakan Not Finished Unit/Pejabat setingkat Eksekutif Not Finished saran, rekomendasi atau
penyelesaian secara musyawarah Senior yang menangani Hubungan memorandum
dan tindakannya disampaikan Industrial beserta Pengurus Submitted to the Bipartite Cooperation
kepada Pengurus PP Tingkat Unit Organisasi PP-IP di unit setempat. Institution (LKB) to obtain suggestions,
setempat. Settling with the Management in recommendations, or memorandum
The employee conveys the complaints Employment and General Manager
to the direct report of his/her supervisor Unit/Officer at the level of a Senior
to be resolved through deliberation, and Executive who handles Industrial
the action is communicated to the PP Relations with PP-IP Organization
Manager of the local Unit. Manager in the local
Sepanjang tahun 2021, Indonesia Power tidak menerima pengaduan In 2021, Indonesia Power did not receive complaints from
dari pegawai terkait pelanggaran terhadap praktik ketenagakerjaan employees related to violations of employment practices
maupun pelanggaran HAM termasuk insiden diskriminasi dan or human rights, including incidents of discrimination and
kerja paksa di dalam Perusahaan. Indonesia Power meyakini bahwa forced labor within the Company. Indonesia Power believes that
pegawai merupakan aset berharga bagi Perusahaan yang secara employees are valuable assets for the Company that continuously
berkelanjutan perlu ditingkatkan antara lain dalam hal kompetensi, improves, among others, in terms of competence, work attitude,
sikap kerja dan profesionalisme guna menumbuhkan rasa nyaman and professionalism, to cultivate a sense of comfort and pride of
dan kebanggaan pegawai kepada Perusahaan. the employees in the Company.
PT INDONESIA POWER 2021 Sustainability Report
297