Page 526 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 526
Powering Sustainable
and Prosperous Future
Strategi Keberlanjutan
Strategies on Sustainability
2. Melakukan kajian Pemetaan Sosial dan Pemangku Kepentingan 2. Reviewing the Social and Stakeholder Mapping to identify
(Social and Stakeholder Mapping) untuk mengidentifikasi siapa stakeholders affected by and affecting Company operations
saja stakeholder yang terdampak ataupun memberi dampak bagi from social, economy and environmental aspects, recognizing
operasi Perusahaan dari segi sosial, ekonomi dan Lingkungan; the correlation/relationship degree between stakeholders,
mengetahui hubungan/derajat hubungan antar stakeholder; acknowledging existing potentials and issues so that the
mengetahui potensi serta masalah yang ada sehingga program programs to be implemented are executed accurately according
yang akan dilaksanakan tepat sasaran sesuai ekspektasi para to stakeholder expectation, and planning CSR programs.
stakeholder dan menyusun rencana program CSR.
3. Mengintegrasikan pengelolaan dampak tersebut ke dalam 3. Integrating impact management with Corporate Culture and
budaya Perusahaan dan sistem manajemen dengan melibatkan management system by taking into account and building
dan membangun kesadaran kepada masing-masing individu pada awareness of all personnel in every position level within
setiap level jabatan yang ada di Perusahaan mulai dari Direksi the Company; from the Board of Directors at the top of the
sebagai manajemen puncak serta Dewan Komisaris sebagai management to the Board of Commissioners as the supervisor.
pelaksana fungsi pengawasan akan pentingnya pengelolaan
dampak risiko dari aktivitas Perusahaan.
4. Menetapkan indikator kinerja, melaporkan kinerja pelaksanaan, 4. Setting out performance indicators, reporting implementation
serta mengevaluasi indikator dan capaian kinerja tanggung jawab performance and evaluating CSR indicators and performance
sosial Perusahaan. achievement.
Tahapan Implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan
Implementation Stages of Corporate Social and Environmental Responsibility
Implementasi atas tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui This corporate responsibility is implemented through some stages,
beberapa tahapan mulai dari perumusan, penetapan dan peninjauan i.e., formulation, stipulation, and review of the policy, baseline
kembali kebijakan; baseline study; serta penyusunan rencana, study, and program planning, implementation, monitoring, and
implementasi, monitoring, evaluasi Program sebagai berikut: evaluation as outlined below:
Sosial Mapping/ Perencanaan Implementasi Monitoring Evaluasi Keberlanjutan
Kebijakan CSR Baseline Study Program CSR Program CSR Program Program Program
CSR Policy Sosial Mapping/ CSR Program CSR Program Program Program Program
Baseline Study Planning Implementation Monitoring Evaluation Continuity
1 2 3 4 5 6 7
Strategi dan Program Kerja Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan
Corporate Social Responsibility Strategies and Work Programs
Perumusan tanggung jawab sosial Perusahaan berdasarkan Prinsip The CSR strategy and work program are formulated based on the
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Sustainable Development Social and Environmental Responsibility principle, Sustainable
Goals (SDGs), visi misi, pemetaan sosial dan survei kepuasan masyarakat Development Goals (SDGs), vision and missions, social mapping, and
menjadi dasar penyusunan strategi dan program kerja. Selain itu, PLN satisfaction survey. Furthermore, PLN Indonesia Power also engages
Indonesia Power juga melibatkan Stakeholders dalam merumuskan the Stakeholders in developing the strategy, which is then arranged
strategi keberlanjutan Perusahaan. Strategi yang akan dilaksanakan into a Sustainability Commitment. This strategy is proposed
disusun dalam bentuk Sustainability Commitment. Strategi tanggung to obtain mutual benefit for the Company, Stakeholders, and
jawab sosial dan lingkungan Perusahaan merupakan upaya menciptakan sustainable development, thus improving Stakeholder Engagement
manfaat bersama bagi Perusahaan, Stakeholders dan pembangunan and the added value for Stakeholders and Shareholders.
berkelanjutan sehingga diharapkan dapat meningkatkan Stakeholders
Engagement dan nilai tambah bagi Stakeholders dan Shareholder.
526 Laporan Tahunan 2022 www.plnindonesiapower.co.id
PT PLN Indonesia Power