Page 31 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 31

President Director’s Statement





                                                                                        SAMBUTAN DIREKTUR UTAMA
                                                                                      PRESIDENT DIRECTOR’S STATEMENT





            Hal  lain  yang  membanggakan  Kami  adalah  produksi  energi   We are also proud of the existing power plants generation, which
            listrik  pembangkit  sendiri  yang  meningkat  12,82%  dari  tahun   increased by 12.82% compared to the previous year, to 39,230.81
            sebelumnya,  menjadi  39.230,81  GWh.  Tiga  proyek  pembangkit   GWh.  Three  power  plant  projects,  i.e.,  SPP  Kalbar  1  with  2x100
            listrik  yaitu  PLTU Kalbar  1  dengan  2x100  MW,  PLTM  Gunung   MW, MHPP Gunung Wugul with 3 MW, and SoPP Landbase Grati
            Wugul dengan 3 MW dan PLTS Landbase Grati dengan 1,5 MWp,   with 1.5 MWp, have been operating commercially, two of which
            telah beroperasi komersial dimana dua diantaranya merupakan   are  NRE  power  plants.  This  is  clear  proof  of  Indonesia  Power's
            pembangkit listrik EBT. Ini adalah bukti nyata Indonesia Power   contribution to actualizing the 23% NRE mix target by 2025 and
            untuk  berkontribusi  mewujudkan  target  bauran  EBT  sebesar   the energy transition to carbon neutrality (Net Zero Emission/
            23% di tahun 2025 dan transisi energi menuju karbon netral (Net   NZE) by 2060.
            Zero Emission-NZE) di tahun 2060.

            Keberadaan  Perusahaan  di  tengah-tengah  masyarakat  juga   The  Company's  existence  amidst  the  community  also  has  a
            membawa dampak ekonomi positif yang tidak hanya dirasakan   positive  economic  impact  that  is  not  only  beneficial  for  the
            oleh Perusahaan tapi juga masyarakat setempat,  diantaranya   Company but also for the local community, by means of local
            dengan  pelibatan  penyedia  (supplier)  lokal  sebesar  88,57%,   suppliers'  involvement  of  88.57%,  the  construction  of  power
            pembangunan  infrastruktur  pembangkitan  dan  sarana  generation  infrastructure  and  community  infrastructure,  as
            prasarana  masyarakat,  serta  peningkatan  keterampilan  dan   well as skill enhancement and creation of community business
            penciptaan peluang usaha masyarakat.              opportunities.


            Aspek Tata Kelola, Transparansi dan Anti Korupsi
            Governance, Transparency, and Anti-Corruption aspects

            Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Power secara   As in previous years, Indonesia Power carries out Anti-Corruption
            rutin  melaksanakan  sosialisasi  dan  pelatihan  praktik  Anti   practice dissemination and training to employees and partners
            Korupsi kepada Direksi, pegawai dan mitra kerja sebagai bagian   as part of the "Indonesia Power Bersih” (Clean Indonesia Power), a
            dari  penerapan  “Indonesia  Power  Bersih”  yang  merupakan   Good Corporate Governance (GCG) commitment to establishing
            komitmen  Tata  Kelola  Perusahaan yang  Baik  (Good Corporate   Indonesia  Power  that  is  free  of  Corruption,  Collusion,  and
            Governance/GCG)  untuk  menjadikan  Indonesia  Power  bebas   Nepotism. We conduct a Reject Gratification program with the
            Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Program Tolak Gratifikasi dengan   slogan  "Refuse,  Return,  Report",  and  Integrity  Note  program  to
            slogan “Tolak, Kembalikan, Laporkan” juga terus Kami jalankan   foster and enhance a healthy corporate integrity culture.
            bersama Integrity Note untuk menumbuhkan dan meningkatkan
            budaya integritas perusahaan yang sehat.

            Jumlah  pegawai  yang  mengikuti  pelatihan  anti  korupsi   The  employees  participating  in anti-corruption  training
            meningkat  signifikan  sebesar  102,61%  menjadi  310  pegawai.   increased significantly by 102.61% to 310 employees. The Company
            Perusahaan  juga  mencatat  bahwa  100%  pengaduan  melalui   also recorded 100% % of complaints through the whistleblowing
            whistle blowing system telah selesai ditindaklanjuti.  system have been settled.

            Indonesia Power juga terus melaksanakan Survei Perilaku Etis   Indonesia Power carries out regular Ethical Behavior Surveys to
            secara  rutin  kepada  mitra  kerja  dengan  lebih  terarah  untuk   business partners focusing on the GCG implementation index
            melihat indeks penerapan  GCG dan mendeteksi kemungkinan   and  possible  fraud  behavior  detection  in  partners.  We  strive
            munculnya perilaku fraud dari mitra kerja. Penerapan Enterprise   to  implement  integrated  Enterprise  Risk  Management  in  all
            Risk  Management  yang  terintegrasi  dalam  keseluruhan  proses   business processes.
            bisnis juga Kami upayakan secara berkesinambungan.













            PT INDONESIA POWER 2021 Sustainability Report
                                                                                                            31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36