Page 185 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 185

Providing Optimized Economic Performance
                                                                For National Economic Development




                                                                     MENGHADIRKAN PELAYANAN TERBAIK BAGI PELANGGAN
                                                                               PROVIDING THE BEST SERVICE FOR CUSTOMERS






            Survei Kepuasan Pelanggan [POJK51-6.f.5]
            Customer Satisfaction Survey [POJK51-6.f.5]


            Pada tanggal 10 Agustus – 12 November 2021, Indonesia Power   Indonesia  Power  conducted  a customer  satisfaction  survey,
            melaksanakan  survei  kepuasan  pelanggan  yang  dilakukan   carried  out  by  an  independent  party  from  10  August  to  12
            oleh  pihak  Independen.  Survei  dilakukan  melalui  penyebaran   November  2021.  The  survey  was  conducted  by  distributing
            kuesioner  dengan  metode  RATER  (Responsiveness, Assurance,   questionnaires  using  RATER  (Responsiveness,  Assurance,
            Tangible, Empathy dan Reliability). Aspek yang dinilai dalam survei   Tangible, Empathy, and Reliability) method. The survey assessed
            ini  disesuaikan  dengan  dimensi  requirement  pelanggan  yang   is adjusted to the customer requirements, which are divided by
            dibagi berdasarkan unitnya.                       unit.

            Pada  hasil  survei  kepuasan  pelanggan  tahun  2021  diperoleh   In  2021,  the  customer  satisfaction  survey  resulted  in  86.58%
            nilai indeks kepuasan pelanggan untuk pembangkit eksisting   of  the customer  satisfaction  index for  existing  plants,  which
            sebesar 86,58% meningkat 1,74% dari tahun sebelumnya dengan   increased by 1.74% from 2019 of 84.84%. Further, the customer
            nilai  indeks  sebesar  84,84%.  Sedangkan  untuk  nilai  indeks   satisfaction  index  value  for  O&M  service  power  plants  was
            kepuasan  pelangggan  untuk  pembangkit  Jasa  O&M  sebesar   84.84%, increased by 2.79% from the previous year of 82.05%. The
            84,84%  meningkat  2,79%  dari  tahun  sebelumnya  dengan   customer satisfaction value, both existing customers and O&M
            nilai  indeks  sebesar  82,05%.  Nilai  kepuasan  pelanggan  baik   services, is very satisfactory.
            pelanggan eksisting maupun jasa O&M masuk dalam kategori
            sangat memuaskan.

            Peningkatan  nilai  kepuasan  pelanggan  ini  tidak  lepas  dari   This increase in the customer satisfaction value is inseparable
            meningkatnya  pelayanan  prima  atas  produk  dan  jasa  yang   from the increase in excellent service for products and services
            diberikan kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa lebih   to customers. Therefore, the customers feel more satisfied and
            puas dan engage dari tahun sebelumnya. Meskipun demikian,   engaged than the previous year. Nevertheless, Indonesia Power
            Indonesia Power akan tetap terus berupaya untuk menjaga dan   strives to maintain and enhance excellent service for products
            meningkatkan  pelayanan  prima  atas  produk  dan  jasa  kepada   and  services  to  customers  in  order  to  exceed  the  customers’
            pelanggan sehingga mampu melampaui harapan pelanggan.  expectations.

                                              Hasil Survei Kepuasan Pelanggan
                                              Result of Customer Satisfaction Survey

                                                              2017      2018      2019      2020      2021

             Nilai Indeks Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Eksisting (%)  88,88  88,75  86,17  84,84  86,58
             Customer Satisfaction Index for Existing Power Plants (%)
             Nilai Indeks Kepuasan Pelanggan untuk Pembangkit Jasa O&M (%)
             Customer Satisfaction Index for O&M Service Power Plants (%)  81,16  81,99  79,90  82,05  84,84

            Sebagai  tindak  lanjut  atas  hasil  survei,  Indonesia  Power   As a follow-up to the survey results, Indonesia Power held an
            membuat  workshop  evaluasi  hasil  survei  kepuasan  pelanggan   evaluation  workshop  on  the  customer  satisfaction  survey  and
            dan menyusunan action plan OFI kepuasan pelanggan bersama   complied an OFI customer satisfaction action plan, in collaboration
            dengan  Unit  pembangkit,  perwakilan  pelanggan  dan  divisi   with the power plant Units, customer representatives, and related
            terkait di Head Office, kemudian pada pelaksanaan action plan OFI   divisions  at  the  Head  Office.  The  OFI  action  plan  for  customer
            kepuasan pelanggan akan di monitoring setiap triwulan.  satisfaction will be monitored quarterly.














            PT INDONESIA POWER 2021 Sustainability Report
                                                                                                           185
   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190