Page 184 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 184

Menghadirkan Kinerja Ekonomi yang Optimal
                                  untuk Pembangunan Ekonomi Nasional




            MENGHADIRKAN PELAYANAN TERBAIK BAGI PELANGGAN
            PROVIDING THE BEST SERVICE FOR CUSTOMERS





            Selain  fokus  dalam  mengembangkan  Beyond  kWh Business,   In addition to focusing on Beyond kWh Business development,
            Indonesia  Power  juga  melakukan  pengembangan  dan  inovasi   Indonesia  Power  also  develops  and  innovates  products  and
            produk  dan  layanan  terkait  dengan  pelayanan  pelanggan,   services related to customer service, including:
            diantaranya yaitu:
            1.  Menambahkan  media  komunikasi  pelanggan  dengan   1.  Adding customer communication media with the Messenger
               Aplikasi Messenger sebagai media Komunikasi privat dengan   Application  as  a  medium  for  private  communication  with
               pelanggan  serta  sarana  untuk  menginformasikan  laporan-  customers as well as a means to inform reports related to the
               laporan  terkait  kinerja  unit  pembangkit  listrik  Perusahaan   Company's power generation units reports regularly;
               secara rutin;
            2.  Menambahkan  media  komunikasi  berupa  Java West Optical   2. Adding communication media in the form of Java West Optical
               Telecommunication  (JWOT)  sebagai  sarana  komunikasi   Telecommunication (JWOT) to communicate with customers,
               dengan pelanggan yang dapat merekam suara pembicaraan   with the facility to record the conversation voice that occurred
               yang terjadi saat itu;                           at that time;
            3.  Menambahkan  Aplikasi  Niaga  sebagai  sarana  untuk   3. Adding  a web-based  Commerce  Application  as  a  means  for
               monitoring  kinerja  pembangkit  Perusahaan  secara  realtime   monitoring the Company's power plant performance in real-
               yang dapat di akses oleh pelanggan berbasis web bases; dan  time that can be accessed by customers; and
            4.  Membuat Aplikasi Pengelolaan Pelanggan yang menyimpan   4. Developing  a  Customer  Management  Application  that
               database Pelanggan Perusahaan.                   maintains the Company's Customer database.


            Proyeksi Jumlah Pelanggan
            Customer Projection


            Dalam  pelaksanaannya,  energi  listrik  Indonesia  Power  tidak   In practice, Indonesia Power's electricity is not channeled directly
            disalurkan  secara  langsung  kepada  pelanggan,  melainkan   to customers, but through a transmission line to PT PLN (Persero),
            melalui  jaringan  transmisi  kepada  PT  PLN  (Persero)  yang   which  is the  sole buyer  of  electricity generated  by  Indonesia
            merupakan  pembeli  tunggal  energi  listrik  yang  diproduksi   Power. However, the data of national electricity industry prospect
            oleh Indonesia Power. Namun data prospek industri kelistrikan   in terms of the forecast of Indonesian customers based on the
            nasional  dari  sisi  proyeksi  jumlah  pelangan  Indonesia   type of customer account are as follows:
            berdasarkan tipe akun pelanggan adalah sebagai berikut:
                           Proyeksi Jumlah Pelanggan Indonesia Berdasarkan Tipe Akun Pelanggan [EU3]
                                    Forecast of Indonesian Customers by Customer Account Type [EU3]
                   Tipe Akun Pelanggan    2021   2022   2023   2024  2025   2026   2027   2028   2029  2030
                   Customer Account Type
             Rumah Tangga Households      74.436  76.434  78.507  80.540  82.576  84.517  86.470  88.387  90.317  92.260
             Bisnis Business               4.162  4.404  4.657  4.926  5.216  5.527  5.860  6.211  6.584  6.972
             Publik Public                 2.343  2.455  2.579  2.713  2.855  3.004  3.156  3.314  3.478  3.649
             Industri Industry               131   133    138    144    149   155     161   167    173    180
             Jumlah Pelanggan Customer     81.071  83.426  85.881  88.324  90.797  93.203  95.647  98.079  100.551  103.061
             Pertumbuhan (%) Growth (%)      3,1   2,9    2,9    2,9    2,8   2,6    2,6    2,5    2,5    2,5
            Sumber: Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2021-2030
            Source: 2021-2030 Electricity Supply Business Plan (RUPTL) of PLN














          184                                                              Lapooran Keberlanjutan 2021 PT INDONESIA POWER
   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189