Page 184 - Sustainability Report 2021 - Indonesia Power
P. 184
Menghadirkan Kinerja Ekonomi yang Optimal
untuk Pembangunan Ekonomi Nasional
MENGHADIRKAN PELAYANAN TERBAIK BAGI PELANGGAN
PROVIDING THE BEST SERVICE FOR CUSTOMERS
Selain fokus dalam mengembangkan Beyond kWh Business, In addition to focusing on Beyond kWh Business development,
Indonesia Power juga melakukan pengembangan dan inovasi Indonesia Power also develops and innovates products and
produk dan layanan terkait dengan pelayanan pelanggan, services related to customer service, including:
diantaranya yaitu:
1. Menambahkan media komunikasi pelanggan dengan 1. Adding customer communication media with the Messenger
Aplikasi Messenger sebagai media Komunikasi privat dengan Application as a medium for private communication with
pelanggan serta sarana untuk menginformasikan laporan- customers as well as a means to inform reports related to the
laporan terkait kinerja unit pembangkit listrik Perusahaan Company's power generation units reports regularly;
secara rutin;
2. Menambahkan media komunikasi berupa Java West Optical 2. Adding communication media in the form of Java West Optical
Telecommunication (JWOT) sebagai sarana komunikasi Telecommunication (JWOT) to communicate with customers,
dengan pelanggan yang dapat merekam suara pembicaraan with the facility to record the conversation voice that occurred
yang terjadi saat itu; at that time;
3. Menambahkan Aplikasi Niaga sebagai sarana untuk 3. Adding a web-based Commerce Application as a means for
monitoring kinerja pembangkit Perusahaan secara realtime monitoring the Company's power plant performance in real-
yang dapat di akses oleh pelanggan berbasis web bases; dan time that can be accessed by customers; and
4. Membuat Aplikasi Pengelolaan Pelanggan yang menyimpan 4. Developing a Customer Management Application that
database Pelanggan Perusahaan. maintains the Company's Customer database.
Proyeksi Jumlah Pelanggan
Customer Projection
Dalam pelaksanaannya, energi listrik Indonesia Power tidak In practice, Indonesia Power's electricity is not channeled directly
disalurkan secara langsung kepada pelanggan, melainkan to customers, but through a transmission line to PT PLN (Persero),
melalui jaringan transmisi kepada PT PLN (Persero) yang which is the sole buyer of electricity generated by Indonesia
merupakan pembeli tunggal energi listrik yang diproduksi Power. However, the data of national electricity industry prospect
oleh Indonesia Power. Namun data prospek industri kelistrikan in terms of the forecast of Indonesian customers based on the
nasional dari sisi proyeksi jumlah pelangan Indonesia type of customer account are as follows:
berdasarkan tipe akun pelanggan adalah sebagai berikut:
Proyeksi Jumlah Pelanggan Indonesia Berdasarkan Tipe Akun Pelanggan [EU3]
Forecast of Indonesian Customers by Customer Account Type [EU3]
Tipe Akun Pelanggan 2021 2022 2023 2024 2025 2026 2027 2028 2029 2030
Customer Account Type
Rumah Tangga Households 74.436 76.434 78.507 80.540 82.576 84.517 86.470 88.387 90.317 92.260
Bisnis Business 4.162 4.404 4.657 4.926 5.216 5.527 5.860 6.211 6.584 6.972
Publik Public 2.343 2.455 2.579 2.713 2.855 3.004 3.156 3.314 3.478 3.649
Industri Industry 131 133 138 144 149 155 161 167 173 180
Jumlah Pelanggan Customer 81.071 83.426 85.881 88.324 90.797 93.203 95.647 98.079 100.551 103.061
Pertumbuhan (%) Growth (%) 3,1 2,9 2,9 2,9 2,8 2,6 2,6 2,5 2,5 2,5
Sumber: Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2021-2030
Source: 2021-2030 Electricity Supply Business Plan (RUPTL) of PLN
184 Lapooran Keberlanjutan 2021 PT INDONESIA POWER