Page 239 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 239
Analisis dan Pembahasan Manajemen
Management Discussion and Analysis
Aspek Pemasaran dan Pangsa Pasar
Marketing Aspect and Market Share
Grafik Pangsa Pasar
Chart of Market Share
7,78% 0,13%
9,22% 38,66%
12,57%
14,53% 17,11%
Unit O&M dikelola oleh PLN IP
PT PLN Indonesia Power UB Tanjung Jati B PLN (Project)
O&M Units managed by PLN IP
PT PLN Nusantara Power IPP Unit O&M dikelola oleh PLN NP
O&M Units managed by PLN IP
Strategi Pemasaran
Marketing Strategy
Sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar, To maintain and expand the market share, PLN Indonesia Power
pada tahun 2022 PLN Indonesia Power melakukan beberapa strategi performs the following strategies in 2022:
berikut:
1. Seluruh pembangkit menjalankan program perang EFOR untuk 1. All power plants executed EFOR mitigation program to improve
meningkatkan keandalan; reliability;
2. Optimalisasi pengoperasian PLTGU dengan pola operasi yang 2. Optimization of CCPP for more efficient operations;
lebih efisien;
3. Menjaga pola operasi Saguling POMU untuk mengoptimalkan 3. Maintaining Saguling POMU's operational model to optimize
TMA dan ketersediaan air; TMA and water supply;
4. Renegosiasi harga uap PLTP untuk meningkatkan CF PLTP; 4. GPP geothermal price negotiation to increase GPP CF;
5. Pemantauan dan pengendalian efisiensi dan reliability 5. Real-time monitoring and controlling of power plants’ efficiency
pembangkit secara real time; and reliability;
6. Relokasi Unit Reserve Shutdown (RS) di Grati yaitu GT 1.1 dan GT 6. Relocation of Grati Unit to Pesanggaran.
1.3 ke Pesanggaran;
7. Implementasi program leak predictor di PLTU Suralaya 5-7 untuk 7. Implementation of the leak predictor program at CCPP Suralaya
meningkatkan keandalan. 5-7 to increase reliability.
2022 Annual Report
www.plnindonesiapower.co.id 239
PT PLN Indonesia Power