Page 341 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 341
Analisis dan Pembahasan Manajemen
Management Discussion and Analysis
Informasi Kelangsungan Usaha
Information on Business Continuity
Kelangsungan Usaha
Business Continuity
Terkait dengan kewajiban, PLN Indonesia Power mampu memenuhi In terms of liability, PLN Indonesia Power is capable of meeting its
seluruh kewajiban baik kewajiban dalam aspek keuangan maupun entire liabilities, both in the financial and non-financial aspects, hence
non-keuangan sehingga tidak mengalami hambatan signifikan terkait allowing the Company to retain streamlined business continuity. In
kelangsungan usaha. Secara keuangan, penilaian kelangsungan terms of finance, the business continuity assessment can be proven
usaha dapat dibuktikan dengan opini auditor independen Kantor by the opinion of independent auditor from Public Accounting Firm
Akuntan Publik (KAP) Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan dengan (KAP) Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan and Public Accountant
Akuntan Publik (AP) Yanto, S.E, Ak., M.Ak., CPA atas Laporan (AP) Yanto, S.E, Ak., M.Ak., CPA on the Financial Statements for
Keuangan Tahun Buku 2022 yaitu “wajar dalam semua hal yang Fiscal Year 2022, with "qualified" opinion as contained in report
material” sebagaimana dalam laporannya Nomor 00561/2.1025/ Number 00561/2.1025/AU.1/02/0241-1/1/IV/2023.
AU.1/02/0241-3/1/IV/2023.
Asumsi Kelangsungan Usaha
Business Continuity Assumptions
Kelangsungan usaha PLN Indonesia Power dipertimbangkan atas The business continuity of PLN Indonesia Power is assessed based
dasar faktor internal dan eksternal yang signifikan. PLN Indonesia on significant internal and external factors. PLN Indonesia Power is
Power berada pada posisi “Hold & Maintain” sehingga dirumuskan currently at the position of “Hold and Maintain”, and therefore two
2 (dua) strategi yang dapat dilaksanakan, yaitu: (2) following actionable strategies are formulated:
1. Strategi Market Penetration 1. Market Penetration Strategy
Market penetration merupakan strategi yang dapat dilakukan Market penetration is a strategy actionable for increasing the
Perusahaan untuk meningkatkan market share atas produk market share of products and services currently produced by the
dan jasa yang dihasilkan oleh Perusahaan saat ini. Untuk dapat Company. To increase the market share of electricity sales and
meningkatkan market share atas bisnis penjualan tenaga listrik O&M services currently provided, the Company needs to make
dan jasa O&M yang saat ini dilakukan oleh Perusahaan, maka efforts to increase the competitiveness of its power plants in
Perusahaan perlu melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan order to get the dispatch for operations and distribution to PLN.
daya saing pembangkitnya agar selalu mendapatkan dispatch To increase customer trust in power plant O&M management,
untuk dioperasikan dan disalurkan kepada PLN. Selain itu, efforts must be taken to enhance the capacity and capability of
untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam pengelolaan human capitals at hand, in order to improve the provided O&M
O&M pembangkit, Perusahaan harus melakukan upaya untuk services.
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM yang dimilikinya
agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan jasa O&M yang
diberikan.
2. Strategi Product Development 2. Product Development Strategy
Product development merupakan suatu strategi untuk Product development aims to increase sales by improving the
meningkatkan penjualan dengan meningkatkan kualitas quality of products and services currently produced, in addition to
produk dan jasa yang dihasilkan saat ini atau mengembangkan developing new products and services. With strict competition in
produk dan jasa yang baru. Seiring dengan semakin ketatnya electricity sale business and good prospect in electricity captive
persaingan pada bisnis penjualan tenaga listrik dan disisi lain market, the Company must start developing new product and
terbukanya peluang captive market di bisnis ketenagalistrikan, service innovations in order to gain more revenues.
maka Perusahaan harus mulai mengembangkan inovasi-inovasi
produk dan jasa baru yang dapat meningkatkan pendapatan bagi
Perusahaan.
2022 Annual Report
www.plnindonesiapower.co.id 341
PT PLN Indonesia Power