Page 341 - Annual Report 2022 - PLN Indonesia Power
P. 341

Analisis dan Pembahasan Manajemen
                                      Management Discussion and Analysis


            Informasi Kelangsungan Usaha

            Information on Business Continuity


            Kelangsungan Usaha
            Business Continuity

            Terkait dengan kewajiban, PLN Indonesia Power mampu memenuhi   In terms of liability, PLN Indonesia Power is capable of meeting its
            seluruh kewajiban baik kewajiban dalam aspek keuangan maupun   entire liabilities, both in the financial and non-financial aspects, hence
            non-keuangan sehingga tidak mengalami hambatan signifikan terkait   allowing the Company to retain streamlined business continuity. In
            kelangsungan usaha. Secara keuangan, penilaian kelangsungan   terms of finance, the business continuity assessment can be proven
            usaha dapat  dibuktikan  dengan opini  auditor  independen  Kantor   by the opinion of independent auditor from Public Accounting Firm
            Akuntan Publik (KAP) Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan dengan   (KAP) Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan and Public Accountant
            Akuntan Publik (AP) Yanto, S.E, Ak., M.Ak., CPA atas Laporan   (AP) Yanto, S.E, Ak., M.Ak., CPA on the Financial Statements for
            Keuangan Tahun Buku 2022 yaitu “wajar dalam semua hal yang   Fiscal Year 2022, with "qualified" opinion as contained in report
            material” sebagaimana dalam laporannya Nomor 00561/2.1025/  Number 00561/2.1025/AU.1/02/0241-1/1/IV/2023.
            AU.1/02/0241-3/1/IV/2023.


            Asumsi Kelangsungan Usaha
            Business Continuity Assumptions

            Kelangsungan usaha PLN Indonesia Power dipertimbangkan atas   The business continuity of PLN Indonesia Power is assessed based
            dasar faktor internal dan eksternal yang signifikan. PLN Indonesia   on significant internal and external factors. PLN Indonesia Power is
            Power berada pada posisi “Hold & Maintain” sehingga dirumuskan   currently at the position of “Hold and Maintain”, and therefore two
            2 (dua) strategi yang dapat dilaksanakan, yaitu:   (2) following actionable strategies are formulated:
            1.  Strategi Market Penetration                    1.  Market Penetration Strategy
               Market penetration  merupakan strategi yang dapat dilakukan      Market penetration is a strategy actionable for increasing the
               Perusahaan untuk meningkatkan  market share atas produk   market share of products and services currently produced by the
               dan jasa yang dihasilkan oleh Perusahaan saat ini. Untuk dapat   Company. To increase the market share of electricity sales and
               meningkatkan market share atas bisnis penjualan tenaga listrik   O&M services currently provided, the Company needs to make
               dan jasa O&M yang saat ini dilakukan oleh Perusahaan, maka   efforts to increase the competitiveness of its power plants in
               Perusahaan perlu melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan   order to get the dispatch for operations and distribution to PLN.
               daya saing pembangkitnya agar selalu mendapatkan  dispatch   To increase customer trust in power plant O&M management,
               untuk  dioperasikan dan  disalurkan kepada PLN.  Selain itu,   efforts must be taken to enhance the capacity and capability of
               untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam pengelolaan   human capitals at hand, in order to improve the provided O&M
               O&M pembangkit, Perusahaan harus melakukan upaya untuk   services.
               meningkatkan  kapasitas  dan  kapabilitas  SDM  yang  dimilikinya
               agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan jasa O&M yang
               diberikan.
            2.  Strategi Product Development                   2.  Product Development Strategy
               Product development merupakan suatu strategi untuk      Product development aims to increase sales by improving the
               meningkatkan penjualan dengan meningkatkan kualitas   quality of products and services currently produced, in addition to
               produk dan jasa yang dihasilkan saat ini atau mengembangkan   developing new products and services. With strict competition in
               produk  dan jasa  yang  baru.  Seiring  dengan  semakin  ketatnya   electricity sale business and good prospect in electricity captive
               persaingan pada bisnis penjualan tenaga listrik dan disisi lain   market, the Company must start developing new product and
               terbukanya peluang captive market  di bisnis ketenagalistrikan,   service innovations in order to gain more revenues.
               maka Perusahaan harus mulai mengembangkan inovasi-inovasi
               produk dan jasa baru yang dapat meningkatkan pendapatan bagi
               Perusahaan.















                                                                                             2022 Annual Report
             www.plnindonesiapower.co.id                                                                      341
                                                                                             PT PLN Indonesia Power
   336   337   338   339   340   341   342   343   344   345   346